PT Petrokimia Gresik Salurkan Pupuk Bersubsidi ke Petani di Bintuni

  • 03 November 2021 20:25 WITA

Males Baca?


MCWNEWS.COM, BINTUNI - PT. Bhanda Ghara Reksa yang beralamat di Jalan Flamboyan 2, Komplek Harapan Indah Km 10, Kota Sorong selaku pelaksana/kepanjangan tangan PT Pertamina (Persero) menyalurkan pupuk subsidi kepada petani di wilayah Teluk Bintuni.

Sebagai transportir, PT Bhanda Graha Reksa sudah dua kali mengirimkan pupuk subsidi ke Bintuni dan diterima oleh perusahaan distributor yang bertanggungjawab yaitu CV. Papua Putra Perkasa di Jalan Wesiri, Kelurahan Bintuni Barat, Kabupaten Teluk Bintuni.

"Pengiriman pupuk ke Bintuni sebelumnya sudah pernah, ini yang kedua kali," sebut Madi selaku perwakilan dari transportir PT Bhanda Graha Reksa, Rabu (3/11/2021) sore di Pelabuhan Bintuni.

Pupuk ini nantinya akan dibagikan ke seluruh petani di Babo namun untuk sementara waktu ditempatkan di Pelabuhan Bintuni.

"Kadang kita kasih turun juga di Babo agar petaninya lebih ringan kerjanya. Tidak usah perjalanan jauh, intinya jangan kasih susah petani," jelas Madi.

Menurutnya, untuk pendistribusian pupuk disesuaikan dengan permintaan dari distributor yang ada di Bintuni. Jika stok pupuk sudah habis maka dibuat permintaan lagi.

Pimpinan CV. Papua Putra Perkasa selaku distributor pupuk bersubsidi di Kabupaten Teluk Bintuni, Nusa Lisa menerangkan untuk pendistribusian pupuk kecuali Distrik Babo dan Sumuri langsung didistribusikan.

"Saya distribusikan langsung kecuali Babo dan Sumuri, dia masuk ke gudang penyalur karena tidak bisa langsung di distribusikan karena melalui transportasi laut," tuturnya.

Untuk Babo dan Sumuri sesusai dengan aturan pupuk subsidi yang memiliki RDKK bisa mengisi dokumen sesuai aturan pupuk subsidi.

"Dan itu dilakukan oleh ketua kelompok tani untuk mengisi delapan lampiran permintaan petani yang diisi oleh petani dan ditandatangani oleh ketua kelompok masing-masing," terang Nusa Lisa di Pelabuhan Bintuni.

Lisa menjelaskan, sementara terdapat enam distrik yang berpotensi yaitu distrik Bintuni, Manimeri, Tuhiba, Mayado, Babo dan Sumuri untuk wilayah Kabupaten Teluk Bintuni. 

"Itu sementara, siapa tahu kedepan semua distrik yang ada di Kabupaten Teluk Bintuni dapat menikmati pupuk bersubsidi. Kita tinggal lihat sekarang harus punya elektronik RDKK," ujar Lisa. 

Terkait pembagian pupuk bersubsidi ini apakah diketahui oleh Pemerintah Daerah Teluk Bintuni dalam hal ini Dinas Pertanian, Lisa mengaku pihaknya telah menerima pupuk sesusai dengan SK Kabupaten. 

"Itukan ada print out RDKK nya, ada SK nya, jadi kita salurkan sesuai dengan SK Dinas Pertanian Kabupaten," terangnya. (hs)



TAGS :

Komentar