FKH Unud Gelar Seminar Tentang Penanggulangan Penyakit Zoonosis

  • 04 November 2021 14:20 WITA

Males Baca?


MCWNEWS.COM, DENPASAR - Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana bekerjasama dengan Asosiasi Fakultas Dokter Hewan Indonesia (AFKHI) dan Food and Agriculture Organization (FAO) menyelenggarakan Seminar Nasional Revitalisasi Kurikulum FKH Berbasis One Health dalam Upaya Penanggulangan Penyakit Zoonosis secara daring.

Seminar ini dihadiri oleh 317 peserta yang berasal dari berbagai sektor seperti Dosen dan mahasiswa FKH se Indonesia, praktisi kesehatan hewan, praktisi kesehatan manusia, alumni FKH Udayana dan masyarakat umum baik dalam maupun luar negeri.

Dekan FKH Prof. Dr. Drh. I Nengah Kerta Besung, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari acara BKKH ke-38 dan Ulang Tahun FKH Universitas Udayana ke 24. 

Lebih lanjut disampaikan bahwa konsep one health ini merupakan konsep yang sangat penting dewasa ini dalam rangka menanggulangi penyakit zoonosis yang banyak merebak saat ini. 

"Konsep one health harus lebih banyak disampaikan kemahasiswa sehingga akan terbentuk dokter hewan yang memiliki karakter yang siap untuk bekerjasama dan berkolaborasi lintas sektor dalam menanggulangi ancaman penyakit zoonosis, Emerging Infectious Diseases, New Emerging Infectious Diseases, serta resistensi antibiotika," ujarnya, Rabu (3/11/2021).

Materi seminar dibawakan oleh 2 narasumber yaitu Prof. Dr. drh. Mustofa Helmi Effendi, DATPH yang merupakan Guru Besar dalam bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, dan Dr. Med Vet. drh. Denny Widaya Lukman, M.Si dari Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Institut Pertanian Bogor. Seminar dipandu oleh Prof. Dr. Wayan Suardana.


Halaman :

TAGS :

Komentar