Sofyan Djalil Bersaksi Meringankan untuk RJ Lino, Ini Reaksi KPK

  • 04 November 2021 14:35 WITA

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil menjadi saksi meringankan (ad charge) untuk mantan Direktur Utama (Dirut) PT Pelindo II, Richard Joost Lino (RJ Lino). RJ Lino sendiri merupakan terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan tiga Quayside Container Crane (QCC)di PT Pelindo II.

Dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta, pada Rabu, 3 November 2021, kemarin, Sofyan Djalil menyatakan bakal membela RJ Lino. Sofyan Djalil menyatakan bahwa pengadaan barang dan jasa di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), termasuk PT Pelindo II, terikat aturan dan diperbolehkan penunjukan langsung.

Menanggapi hal itu, Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri menyatakan bahwa sejumlah keterangan Sofyan Djalil di persidangan kemarin justru menguatkan pembuktian dakwaan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU). Salah satunya, soal aturan penunjukan langsung terkait pengadaan tiga QCC yang tidak boleh melanggar aturan. 

"Dari apa yang diterangkan saksi a de charge tersebut, menurut hemat kami justru menguatkan pembuktian dakwaan tim jaksa KPK," kata Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Kamis (4/11/2021).

"Saksi menerangkan bahwa pengadaan barang dan jasa di BUMN terikat aturan dan penunjukan langsung memang dapat dilakukan dalam pengadaan barang dan jasa. Namun demikian, penunjukkan langsung dilakukan sepanjang tidak ada perbuatan melawan hukumnya," imbuhnya.


Halaman :

TAGS :

Komentar