JDP Apresiasi Jenderal Andika Terkait Penanganan Konflik di Papua

  • 07 November 2021 13:40 WITA
juru bicara JDP Yan Christian Warinussy

Males Baca?


MCWNEWS.COM, MANOKWARI - Jaringan Damai Papua (JDP) memberi respon positif terhadap pernyataan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bahwa dirinya akan mengedepankan pendekatan lunak dalam menangani keamanan di Tanah Papua.

Jenderal Andika sempat menyatakan bahwa dirinya bakal memakai pendekatan lunak dengan istilah bagaimana memenangkan pertempuran tanpa peperangan.

"Sehingga calon Panglima TNI ini bakal fokus pada pembukaan satuan-satuan teritorial yang bakal semakin diperkuat dari pada membangun atau mengadakan satuan-satuan perang," ucap juru bicara JDP Yan Christian Warinussy, Minggu (7/11/2021).

Ia menyebut, Pater Neles Tebay (mantan koordinator JDP) dalam pengantar bukunya berjudul : Dialog Jakarta - Papua sebuah Perspektif Papua, 2015 mengatakan bahwa "konflik Papua melibatkan dua pihak yang bertikai yakni Pemerintah Indonesia (selanjutnya baca : pemerintah) dan orang Papua. 

Konflik ini dimulai sejak Indonesia menguasai Papua tanggal 1 Mei 1963 dan hingga kini belum dituntaskan secara komprehensif dan menyeluruh.

Untuk menyelesaikan konflik Papua, sumber-sumber konfliknya perlu diidentifikasi terlebih dahulu.

"Kita berharap langkah yang hendak ditempuh oleh Jenderal Andika Perkasa merupakan salah satu bagian penting dari upaya menemukan dan mengidentifikasi sumber-sumber konflik di Tanah Papua tersebut," ujarnya.


Halaman :

TAGS :

Komentar