KPK Hadiahkan Kemenag Hingga KPU Rampasan Aset Koruptor Rp85,1 Miliar

  • 09 November 2021 19:55 WITA
Foto : Penyerahan secara simbolis barang hasil rampasan KPK ke lima instansi negara

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghibahkan barang rampasan hasil dari hasil tindak pidana korupsi senilai Rp85,10 miliar ke lima instansi negara. Lima instansi yang menerima aset barang rampasan tersebut yakni, Kejaksaan Agung, Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, Komisi Pemilihan Umum, dan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto membeberkan rincian aset yang dihibahkan KPK ke lima instansi tersebut. KPK menghibahkan tanah beserta bangunan di Manggarai, Jakarta Selatan, kepada Kejaksaan Agung (Kejagung). Aset senilai Rp14,34 miliar tersebut merupakan milik mantan narapidana kasus korupsi, M Nazaruddin.

"Berdasarkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat nomor 159.PidSusTPK.2015.PNJakartaPusat tanggal 15 Juni 2016," kata Karyoto di Gedung Juang Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (9/11/2021).

Kemudian, sambung Karyoto, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga mendapatkan aset berupa tanah dan bangunan di daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Tanah dan bangunan itu merupakan milik terpidana kasus korupsi Muchtar Effendi.

"Dengan luas keseluruhan 825,57 m2 dengan nilai keseluruhan Rp8,10 miliar," ujar Karyoto.

Ketiga, KPK memberikan aset tanah dan bangunan untuk Kementerian Agama (Kemenag) di daerah Madiun, Jawa Timur. Tanah yang diberikan itu seharga Rp6,04 miliar yang merupakan milik terpidana kasus korupsi, Bambang Irianto.


Halaman :

TAGS :

Komentar