Tim PUPAR Identifikasi DTW Baru saat Jelajahi Teluk Triton

  • 20 November 2021 20:45 WITA

Males Baca?


MCWNEWS.COM, KAIMANA - Tim Peneliti Pusat Unggulan Pariwisata (PUPAR) LPPM Unud berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kabupaten Kaimana untuk mengeksplorasi daya tarik wisata (DTW) di Kawasan Strategi Pariwisata Unggulan Teluk Triton.

Dalam kegiatan yang berlangsung dua hari, Jumat (19/11/2021) dan Sabtu (20/11/2021) ini, Tim PUPAR mengindentifikasi sejumlah DTW baru.

KSP Unggulan Teluk Triton memiliki potensi wisata alam berlimpah seperti standing stone (batu berdiri), tunel frame (berfoto dari gua), kawasan dengan lebih dari pantai indah nan megah (thousands of luxury beach). 
 

Dua di antara Pantai Merah atau redbeach, dan juga Pantai Surangga yang dikenal sebagai surga yang sesungguhnya di Teluk Triton.

Peneliti PUPAR yakni Dr. Nyoman Ariana, SST.Par., M.Par., Dr. I Made Sarjana, SP., M.Sc., . I Wayan Gede Astawa Karang, S.Si., M.Si., Ph.D., I Gusti Agung Oka Mahagangga, S.Sos, M. Si dan Putu Perdana Kusuma Wiguna, S.Si., M.Sc ditantang warga Kampung Lobo Kundrat Waryensi yang memiliki pertuanan (hak atas tanah) di kawasan Teluk Triton untuk mengungkap keunikan potensi wisata setempat. 

“Coba Bapak kasih tunjuk ke kami, apa saja potensi wisata yang hanya ada disini dan dapat diunggulkan,” tutur Kundrat Weryensi dengan nada guyon.

Menanggapi hal itu, Gede Astawa Karang mengeluarkan smart phone untuk mencermati foto-foto sepanjang perjalanan. 

Dalam diskusi informal bersama I Made Sarjana, Oka Mahagangga, dan Putu Perdana menemukan dua foto iconic yakni batu hitam yang berdiri kokoh dan foto yang terbingkai karang yang Indah.

“Oh ini standing stone dan tunnel frame” ujar Gede Astawa Karang menyimpulkan dari diskusi tersebut. 


Halaman :

TAGS :

Komentar