KPK Tepis Tudingan Kerap Bocorkan Informasi Penyelidikan Dugaan Korupsi

  • 22 November 2021 17:50 WITA
Jubir KPK Ali Fikri

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri menepis tudingan mantan penyelidik KPK, Aulia Postiera. Tudingan itu berkaitan dengan kebocoran informasi penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi. Ali mengklaim KPK tidak pernah membocorkan informasi yang sifatnya rahasia seperti penyelidikan.

"KPK dalam penyelidikan terbuka pun tidak pernah mengumumkan atau menyampaikan ke publik terkait substansi perkara," kata Ali melalui keterangan resminya, Senin (22/11/2021).

Ali menjelaskan, mayoritas penyelidikan terbuka terhadap dugaan tindak pidana korupsi berasal dari laporan masyarakat. Juru Bicara KPK berlatarbelakang jaksa ini pun menduga kebocoran informasi terkait penyelidikan dugaan korupsi justru berasal dari para pihak pelapor.

"Dalam tahap penyelidikan, informasi yang mengemuka ke publik seringkali berasal dari pihak terkait," terangnya.

Lebih lanjut, Ali mengungkapkan bahwa KPK mempunyai dua metode dalam menyelidiki dugaan tindak pidana korupsi. KPK kerap menggunakan penyelidikan terbuka dan tertutup. Penyelidikan tertutup, biasanya kerap disebut dengan Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK.

Sementara penyelidikan terbuka KPK, prosesnya diawali dengan mengumpulkan berbagai keterangan, data, dan informasi dari berbagai pihak yang diduga mengetahui dugaan tindak pidana korupsi dimaksud. Biasanya itu tindak lanjut dari adanya laporan masyarakat.


Halaman :

TAGS :

Komentar