Gelar Wisuda Tatap Muka, Uncen Terapkan Prokes Ketat

  • 27 November 2021 07:41 WITA

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAYAPURA - Untuk pertama kalinya selama masa pandemi Covid-19, Universitas Cenderawasih (Uncen) melaksanakan Wisuda secara tatap muka. Meski demikian wisuda yang digelar di Auditorium Uncen Abepura ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pembantu Rektor I Uncen Onesimus Sahuleka mengatakan, pihaknya memutuskan melakukan wisuda secara offline yang dihadiri sekitar 1.100 orang ini.

"Wisuda dilaksanakan selama dua sesi, kemarin ada 618 orang dan hari ini sekitar 570 orang. Kita sudah himbau semua bahwa prokes kita terapkan pada acara ini, jadi peserta yang tidak pakai masker kita keluarkan," ucapnya di Auditorium Uncen, Rabu (24 /11/2021). 

Dijelaskan, sebelum masa pandemi Covid-19, Uncen bisa melakukan wisuda sebanyak 3.000 orang dalam satu sesi, namun akibat pandemi, pihak kampus menerapkan pembatasan jumlah wisuda tiap sesianya.

"Jadi kita laksanakan dalam rangka menghindari penularan Covid-19 dengan tetap memperhatikan prokes. Sehingga wisuda periode ke III tahun 2021 kita laksanakan dalam dua hari. Hari pertama 618 orang terdiri dari program Pasca Serjana, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas hukum, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Keolargaan. Sedangkan besok lima Fakultas menyusul," ucapnya.

Dikatakan, sebagai komitmen penerapan prokes, selain wajib masker, pihaknya juga tidak mengundang pihak keluarga untuk datang ke acara tersebut, namun bisa menonton live dari Youtube dan Media Sosial lain milik Uncen.

"Di masa pandemi ini kita tidak mengundang suami atau istri atau pihak keluarga wisudawan, tapi kita tetap live streaming. Jadi orangtua, suami istri bisa nonton acara wisuda anak mereka, suami mereka, istri mereka bisa di rumah dan di mana saja mereka berada karena kita live streeming melalui yuotube, IG dan lain-lain," katanya.

Pihaknya berharap, para lulusan Uncen  priode ke III tahun 2021 dapat mempergunakan keahlian dan penguasaan teknologi yang dimiliki. Karena lapangan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan teknologi masih terbuka luas.

"Lulusan-lulusan kita ini paling tidak dia sudah harus siap dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dan juga orang lain. Sehingga kita tidak bertumpuk pada lulus serjana lalu kita menjadi PNS," pungkasnya.(dy)



TAGS :

Komentar