Banjir Capai Atap Rumah, Warga Sulangaling Bertahan Hidup di Atas Perahu

  • 18 Desember 2021 22:10 WITA

Males Baca?


MCWNEWS.COM, MADINA - Curah Hujan yang begitu tinggi mengakibatkan empat desa di Sulangaling, Kecamatan Muara Batang Gadis (MBG), Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara terendam banjir.

Bahkan ketinggian air yang melanda Desa Ranto Panjang, Hutaimbaru, Lubuk Kapundung I dan Desa Lubuk Kapundung II, Kecamatan MBG,  mencapai dua setengah meter hingga ke atap rumah warga.

"Sudah setinggi atap rumah kami airnya, saat ini banyak warga bertahan di atas perahu karena airnya sudah menggenangi seluruh pemukiman warga," kata Tanhar Simorakkir, warga Desa Hutaimbaru kepada media, Sabtu (18/12/2021) lewat selulernya.

Kata warga, empat desa yang ada di Sulangaling Muara Batang Gadis hingga berita ini dibuat belum ada tim dari pemerintah daerah yang memberikan pertolongan kepada mereka. 

Sejauh ini dikatakan Tanhar, tidak ada korban jiwa namun banyak barang-barang warga yang tidak bisa diselamatkan.

"Sejauh ini belum ada dari pihak manapun yang memberi pertolongan kepada warga di sini, sebagian warga sudah mengungsi ke gunung dekat kampung menggunakan perahu warga yang ada, kami sangat butuh pertolongan," ucapnya dengan nada penuh harap.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah BPBD Madina Subuki Nasution mengatakan, timnya masih kewalahan menuju Kecamatan Natal karena terkendala akses, serta pembersihan dari reruntuhan longsor.

"Jangankan ke Sulangalaing, ke Kecamatan Natal saja kita belum tembus jalannya karena masih dalam proses pembersihan dari material longsor, kita berharap efek alam ini agar segera berakhir air secepatnya surut," ujarnya. (syah)



TAGS :

Komentar