KPK Sita Rp100 Miliar dari PT Merial Esa terkait Kasus Bakamla

  • 03 Januari 2022 13:25 WITA
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menyita Rp100 miliar yang diduga berasal dari PT Merial Esa (PT ME). Uang Rp100 miliar tersebut berkaitan dengan kasus dugaan suap pembahasan dan pengesahan anggaran proyek untuk Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dengan tersangka korporasi PT Merial Esa.

"Tim penyidik dalam proses penyidikan ini telah menyita uang sekitar Rp100 miliar yang berada di beberapa rekening bank yang diduga terkait dengan perkara," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Senin (3/1/2022).

KPK tinggal menunggu keputusan pengadilan untuk menyetorkan uang Rp100 miliar tersebut ke kas negara. KPK berharap penyitaan uang Rp100 miliar itu bisa menjadi pemulihan kerugian keuangan negara (asset recovery) akibat tindak pidana korupsi yang menjerat PT Merial Esa.

"Diharapkan uang yang disita tersebut bisa dijadikan sebagai bagian dari aset recovery dari tindak pidana dimaksud," pungkasnya.

Sekadar diketahui, PT Merial Esa bakal segera disidang di Pengadilan Tipikor Jakarta. PT Merial Esa bakal diadili atas kasus dugaan suap terkait pembahasan dan pengesahan anggaran proyek untuk Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI.

PT Merial Esa (ME) nerupakan tersangka korporasi dalam kasus dugaan suap terkait proses pembahasan dan pengesahan anggaran proyek pada Badan Keamanan Laut (Bakamla).

PT Merial Esa diduga secara bersama-sama atau memberikan serta menjanjikan sesuatu kepada penyelenggara negara terkait dengan proses pembahasan dan pengesahan anggaran dalam APBN‎-P tahun 2016 untuk Bakamla.


Halaman :

TAGS :

Komentar