Musim Penghujan, Wilayah Pelabuhan di Bintuni Rawan Banjir

  • 07 Januari 2022 17:05 WITA
Anak-anak Tujuh Suku bantu pihak PUPR Kab.Teluk Bintuni perbaiki saluran depan pelabuhan,Jumat (7/1/2022)

Males Baca?


MCWNEWS.COM, BINTUNI - Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Teluk Bintuni, Suradji menjelaskan jika musim hujan tiba cukup merepotkan karena menggangu aliran-aliran air.

"Dengan adanya aliran-aliran air tergenang ini, saya ada kesempatan untuk memperbaiki, kalau tidak ada genangan ini kita tidak tahu," ucapnya, Jumat (7/1/2022).

Sesuai dengan perintah kepala dinas ke Binamarga, pihaknya lalu mencoba mengecek daerah pelabuhan jika air sudah menyeberangi badan jalan.

"Langsung saya mencari alat yang sesuai, kita menggunakan alat yang kecil, bukan alat yang besar agar mudah dioperasikan karena dapat menggangu pengguna jalan, mengingat arus lalu lintas cukup padat di wilayah itu," ujarnya.

Dirinya berharap dalam satu dua hari ini dapat mencari alat lagi untuk mengerjakan yang di depan Petrotekno, karena saluran yang ada di situ banyak pasir.

"Ketika ada air lewat cepat tertutup maka jadi sedimen. Sehingga air dapat menutup badan jalan, itu akan segera kita kerjakan karena musuhnya badan jalan adalah air," kata Kabid Binamarga.

Pekerjaan ini lanjutnya didukung oleh anak-anak Tujuh Suku, Anak Bintuni serta forum-forum lain. 

"Dengan adanya bantuan dari Dinas PUPR sangat terbantu, karena dengan adanya masyarakat, Pak lurah, jadi kami kerja lebih gampang karena sudah disosialisasikan, jadi tidak ada kesulitan yang kita dapatkan di lapangan," jelasnya.

Suradji menambahkan dirinya memohon kepada warga agar jangan membuang sampah sembarangan karena dalam saluran banyak sekali sampah botol dan plastik

"Sehingga terjadi sedimen dari aliran air karena di depan pelabuhan itu gunung. Dan informasi dari warga setempat baru kali ini ada pengerukan sedimen selama puluhan tahun," pungkasnya. (hs)



TAGS :

Komentar