LMA 7 Suku Ingin Masyarakatnya Isi Jabatan Strategis di Pemkab Bintuni

  • 14 Januari 2022 16:05 WITA

Males Baca?


MCWNEWS.COM, BINTUNI - Lembaga Masyarakat Adat (LMA) 7 Suku Teluk Bintuni bermusyawarah untuk melakukan reshuffle atau pergantian jabatan. Musyawarah digelar di Kantor Pusat LMA 7 Suku Teluk Bintuni, Jalan Raya Kali Tubi, Kelurahan Bintuni Timur, Distrik Bintuni, Jumat (14/1/2022).

Reshuffle jabatan dilakukan berdasarkan penyerahan aspirasi usulan yang diserahkan kepada Bupati Teluk Bintuni pada tanggal 18 Desember 2021 tentang penetapan jabatan esalon II, III dan IV untuk putra-putri asli 7 Suku Teluk Bintuni dalam menduduki jabatan-jabatan strategis sesuai kualifikasi cakap kelayakan. 

Ketua LMA 7 Suku Marthen Wersin mengatakan, reshuffle kabinet yang ada di Bintuni dimaksudkan agar orang berasal dari 7 Suku mendapatkan bagian untuk yang sudah memenuhi syarat. 

"Kita bukan intervensi atau mencampuri pemerintah, ini kita usulkan supaya diperhatikan," kata Marthen didampingi Dewan Pengara LMA 7 Suku Buce H. Maboro dan Ketua Forum Pemuda 7 Suku Agustinus Orocomna, Jumat (14/1/2022).

Menurutnya, selama ini tidak banyak putra-putri daerah pemilik Kabupaten ini yang terlibat dalam bidang pemerintahan karena kemungkinan belum diatur.

Wersin mengatakan, semua aspirasi penyaluran akan diatur dengan pemerintah untuk menghilangkan rasa cemburu. 

"Yang terutama bagi kami adalah pengkaderan dan pemberdayaan masyarakat agar dapat mengambil bagian di negeri sendiri ini. Ini ibarat rumah, sekarang waktunya agar kami bisa berperan di negeri sendiri sesuai dengan Undang-undang Otsus," tegasnya.

Pihaknya menyodorkan sekitar 1.000 orang lebih kepada pemerintah seperti jabatan untuk eselon 2, 3 dan 4, termasuk untuk tenaga honorer sebagai jawaban dari keluhan dari masyarakat.

"Sampai hari ini orang mengeluh, tapi kita tidak pernah mencari solusi jalan bagaimana agar tidak terjadi lagi keluhan-keluhan masyarakat ini, maka pada hari ini kita duduk untuk membahas apa yang diharapkan oleh masyarakat 7 Suku," ujar Wersin. 

Ketua LMA 7 Suku juga menegaskan kepada masyarakatnya ketika diberikan kesempatan oleh pemerintah, maka harus bekerja dengan baik, bisa menjadi panutan dan mempersiapkan generasi-generasi berikut. (hs)



TAGS :

Komentar