FKH Unud Gelar Workshop dengan AFKHI dan FAO, Ini yang Dibahas

  • 20 Januari 2022 10:15 WITA
Dekan Prof Suartha memberikan sambutan sekalikus membuka Workshop Revitalisasi Kurikulum 

Males Baca?


MCWNEWS.COM, DENPASAR - Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (FKH Unud) menggelar Workshop Revitalisasi Kurikulum menggandeng Asosiasi Fakultas Kedokteran Hewan Indonesia (AFKHI) dan Food and Agriculture Organization (FAO), Selasa (18/1/2022).

Kegiatan workshop berlangsung secara hybrid untuk mengantisipasi perkembangan tiga isu global one health, dibuka oleh Dekan FKH Prof. Dr. drh. Nyoman Suartha, M.Si. 

Titik point secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat bertempat di Ruang Seminar Lt 1 FKH Kampus Sudirman, dan secara daring melalui Webex.

Melalui revitalisasi kurikulum konsep pendekatan one health akan diintegrasikan ke dalam rencana pembelajaran. Ketiga isu global itu yang pertama yaitu penanggulangan penyakit zoonosis, Emerging diseases (EID) dan Re Emerging diseases (REIDs). 

Isu kedua yaitu ancaman Antimicrobial resistance (AMR atau resistensi antimikroba) dan ketiga tentang Poultry Health (kesehatan unggas).

Prof Suartha dalam sambutannya mengatakan “Budaya mutu harus tetap dipertahankan untuk menghasilkan lulusan yang dapat bersaing dan siap di dunia kerja. Materi pembelajaran harus selalu diperbaharui untuk peningkatan mutu lulusan”. 

"Sesuai perkembangan kesehatan global saat ini dan prediksi ke depan, bahwa munculnya kasus penyakit baru yang bersifat zoonosis, munculnya ancaman resistensi antimikroba yang kondisi ini sangat berhubungan erat dengan manajemen perunggasan, maka perlu ditanamkan secara dini dan berkelanjutan pada mahasiswa, dan diimplementasikan dalam kurikulum pembelajaran," ujar Suartha.

Turut memberikan sambutan dari FAO Indonesia yang diwakili oleh Gozali. 

"Global health security program, Kerjasama FAO Indonesia dan Dirjen PKH mendorong AFKHI untuk memperkaya kurikulum masing-masing FKH di Indonesia dengan cara merevitalisasi kurikulum menyesuaikan dengan perkembangan zaman," ungkap Gozali.


Halaman :

TAGS :

Komentar