Majukan Daerah, Kepala Distrik Moskona Utara Jauh Gandeng Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa

  • 22 Januari 2022 19:30 WITA
Marius Orocomna Kepala Distrik Mosuja (batik coklat) didampingi oleh Tokoh Pemuda Mosuja Ruben Frasa saat diwawancarai MCW, Sabtu (22/1/2022)

Males Baca?


MCWNEWS.COM, BINTUNI - Kepala Distrik Moskona Utara Jauh, Marius Orocomna menggandeng pemuda, pelajar dan mahasiswa membentuk satu ikatan. Tujuannya agar kedepan dapat menopang pemerintahan distrik atau pemerintahan kampung dalam menunjang pembangunan daerah.

"Suatu daerah tidak maju sembarang, dia harus ditopang oleh pemuda-pemudi, organisasi kecil yang ada di distrik tingkat kampung sehingga bisa membantu mensejahterakan rakyat," kata Marius Orocomna di Aula KNPI Teluk Bintuni, Sabtu (22/1/2022).

Menurutnya, tanpa pemuda-pemudi tidak akan kuat untuk membangkitkan daerah untuk maju kedepan. Secara keseluruhan IPPM ini dibentuk dengan sumber daya pemuda-pemudi dari Mosuja.

"Keseluruhan pengurus dan anggota dari IPPM ini dari Mosuja, mereka terdiri dari pelajar, pemuda dan mahasiswa dengan jumlah 50 orang," jelas Kepala Distrik yang memprakarsai kegiatan ini.  

Dikesempatan yang sama, salah satu tokoh pemuda IPPM Mosuja, Ruben Frasa berujar tujuan didirikannya organisasi tingkat distrik ini bagian dari Organisasi Kepemudaan (OKP) KNPI Distrik.

"Yang mana garis kordinasinya kita antara pemerintah distrik, pemerintah kampung, KNPI distrik juga pihak gereja," jelasnya. 

Tujuan utama dari organisasi ini kedepan bagaimana bisa membangkitkan generasi Distrik Moskona Utara Jauh.

Dengan mengkaderkan mereka, mengasah, dan memberikan motivasi agar kedepan mereka mampu bersaing dengan masyarakat lain yang ada di distrik maupun di Kabupaten Teluk Bintuni.

Dijelaskan, organisasi IPPM yang akan dibentuk membahas anggaran rumah tangga, GBHO, GBHK sebagai dasar hukum untuk dijalankan oleh pengurus yang akan terpilih juga anggota. 

"Mereka akan bekerja berdasarkan ADRT, GBHO, GBHK dan aturan organisasi yang ada untuk merangkul semua pemuda, pelajar dan mahasiswa," jelas Ruben.

Ditambahkan, setelah ini secepatnya pihaknya akan mendaftarkan IPPM ke Kesbangpol Teluk Bintuni dan mengurus aktanya supaya memiliki keabsahan dan berdasar hukum.

Ruben juga menyebutkan beberapa program yang akan menjadi target dari IPPM. Salah satunya akan membuat pelatihan bagi pemuda yang tidak lagi menjalankan study. 

"Nanti kita akan bekerja sama dengan pemerintah distrik, LSM, Yayasan untuk program pelatihan itu," sebut Ruben.

Pada kesempatan itu Ruben berpesan kepada para pemuda, pelajar dan mahasiswa Mosuja untuk bersinergi, berkomunikasi, bekerjasama menghidupkan organisasi ini kedepan untuk mendorong pembangunan dan melihat keluhan-keluhan masyarakat.(hs)



TAGS :

Komentar