Pandemi Covid, Sektor Pariwisata di Raja Ampat Turut Terdampak

  • 23 Februari 2022 16:55 WITA
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Ellen Risamasu

Males Baca?


MCWNEWS.COM, WAISAI - Pandemi Covid-19 yang belum berakhir ditambah munculnya varian baru yang melanda dunia termasuk Indonesia berpengaruh pada berbagai sektor, termasuk pula sektor pariwisata. 

Kabupaten Raja Ampat yang pariwisatanya merupakan ujung tombak PAD juga demikian. Wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal dibatasi untuk masuk ke tempat-tempat wisata di Kabupaten Seribu pulau ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Ellen Risamasu mengatakan, pada tahun ini pihaknya hanya memfokuskan pada peningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Pasalnya pembatasan larangan masuk wisatawan ke wilayah Raja Ampat masih berlaku. Oleh sebab itu kami fokus pada peningkatan sumber daya manusia," ujar Ellen saat ditemui di ruangannya, Rabu (23/2/2022).

Ditanya kenapa sampai fokus pada peningkatan SDM di bidang kepariwisataan, menurutnya dengan peningkatan SDM bisa memiliki skiil dan kemampuan.

Hal ini apabila pembatasan kunjungan wisatawan tidak diberlakukan kembali, misalnya festival-festifal.

"Dengan kondisi ini maka masyarakat atau pelaku-pelaku usaha wisata dengan sendirinya bisa mengaplikasikan ilmunya ketika wisatawan berkunjung ke Raja Ampat," urainya.

Selain itu lanjut Kadis, untuk program tahun ini pihaknya akan melakukan pendataan kembali spot-spot wisata yang belum dikenal atau sudah dikenal.


Halaman :

TAGS :

Komentar