Hasil Survei Indopol Jadi Pecut KPK untuk Kerja Lebih Baik Lagi

  • 01 Maret 2022 15:10 WITA
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi salah satu lembaga penegak hukum yang berintegritas dan paling dipercaya publik berdasarkan hasil survei lembaga Indopol. KPK menempati peringkat pertama disusul Polri, Mahkamah Agung (MA), hingga Kejaksaan.

Menanggapi hasil survei itu, KPK mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan yang terus mendukung program pemberantasan korupsi, baik melalui upaya pendidikan, pencegahan, maupun penindakan. KPK janji akan menjadikan hasil survei itu sebagai pecut untuk bekerja lebih baik lagi.

"Capaian baik ini, kami pandang sebagai wujud dukungan sekaligus kepercayaan publik terhadap KPK. Hal ini tentu menjadi pelecut bagi kami untuk terus berkinerja lebih baik lagi," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Selasa (1/3/2022).

Menurut Ali, hasil survei yang menempatkan KPK sebagai lembaga hukum paling berintegritas tersebut tidak terlepas dari peran seluruh pihak. "Karena pemberantasan korupsi merupakan cita dan lkhtiar kita bersama," imbuhnya.

KPK merasa banyak dibantu oleh sejumlah elemen bangsa dalam segi pendidikan antikorupsi; pencegahan; hingga penindakan. Melalui pendidikan antikorupsi, kata Ali, KPK bersama-sama menanamkan nilai-nilai integritas sebagai pondasi awal agar tertanam budaya antikorupsi.

Kemudian melalui pencegahan korupsi, KPK dan segenap elemen bersama-sama memperbaiki sistem dan tata kelola, sehingga tidak ada lagi kesempatan bagi pihak-pihak untuk korupsi.

Sedangkan melalui penindakan pidana korupsi, KPK bersama-sama sejumlah pihak menegakkan keadilan hukum untuk memberikan efek jera bagi pelaku sekaligus merampas hasil korupsi untuk dikembalikan ke kas negara.

"Dan masyarakat, sebagai bagian penting dalam pemberantasan korupsi, tidak hanya aktiv berturut serta, tapi juga menjadi pengawas kinerja-kinerja pemberantasan korupsi. Salah-satunya melalui survei yang mengukur pandangan masyarakat terhadap capaian kinerja pemberantasan korupsi," kata Ali. (ads)



TAGS :

Komentar