Angelina Sondakh Hirup Udara Bebas, Ini Pesan KPK

  • 03 Maret 2022 15:25 WITA

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA - Politikus sekaligus Artis Angelina Sondakh hirup udara bebas pada pagi tadi Kamis (3/3/2022). Ia resmi dikeluarkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Jakarta di Pondok Bambu, setelah menjalani hukuman selama 10 tahun penjara.

Pemilik nama asli Angelina Patricia Pinkan Sondakh tersebut mendapatkan program Cuti Menjelang Bebas (CMB) selama tiga bulan sebelum nantinya bebas resmi. Selama program CMB, Angie akan mendapatkan pembinaan dari Badan Pemasyarakatan (Bapas) Jakarta Selatan.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menitipkan pesan terkait bebasnya Angelina Sondakh. Angelina Sondakh sendiri dipenjara karena terbukti bersalah turut serta melakukan tindak pidana korupsi terkait pembahasan anggaran proyek Wisma Atlet di Palembang.

"Para pelaku korupsi yang telah selesai menjalani hukumannya tentu menjadi pembelajaran bagi kita semua agar tidak melakukan hal yang sama," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Kamis (3/3/2022).

Tak hanya itu, KPK berharap kepada seluruh mantan narapidana kasus korupsi, termasuk Angelina Sondakh, agar dapat menyampaikan pesan-pesan antikorupsi kepada masyarakat luas. Di mana, efek jera dari hukuman akibat korupsi itu nyata ada.

"Tidak hanya berimbas pada diri sendiri sebagai pelaku, akan tetapi juga tentu terhadap keluarganya, kerabat, dan lingkungan sekitarnya," kata Ali.

Ke depan, KPK menekankan tidak hanya akan memenjarakan pelaku korupsi. Namun juga, bakal lebih fokus terkait bagaimana pemulihan aset hasil korupsi dapat kembali pada negara sebagai bagian efek jera.

"Upaya yang dilakukan melalui optimalisasi peran unit Asset Tracing pada Direktorat Pengelolaan Barang bukti dan Eksekusi/ Labuksi  maupun unit Forensic Accounting pada Direktorat Deteksi dan Analisis Korupsi  dalam mensupport kerja sejak pada proses penyelidikan maupun penyidikan dan penuntutan hingga persidangan perkara korupsi," pungkasnya. (ads)



TAGS :

Komentar