Bupati Kaimana Apresiasi PUPAR Unud karena Membantu Perencanaan Pariwisata

  • 03 April 2022 10:14 WITA
Bupati Kaimana Freddy Thie menerima audiensi Tim PUPAR

Males Baca?


MCWNEWS.COM, KAIMANA - Bupati Kaimana, Papua Barat Freddy Thie menyatakan terimakasih kepada Universitas Udayana (Unud) yang telah membantu perencanaan pembangunan pariwisata di wilayahnya. 

Orang nomor 1 di wilayah yang berjuluk kota senja itu menyebut Pusat Unggulan Pariwisata Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PUPAR LPPM Unud) sebagai lembaga yang berpengalaman dan terpercaya menjadi kiblat perencanaan pariwisata.

“Saya sudah jatuh hati dan yakin PUPAR mampu membantu perencanaan pariwisata dengan baik,” ujar Bupati Freddy Thie, saat jamuan makan malam bagi tamu Pemkab Kaimana di Tanjung Simora, Kaimana, Sabtu (2/4/2022) malam. 

Pada jamuan itu, ada penulis asal Jakarta Ayu Arman yang observasi penulisan buku Pariwisata Kaimana dan Tim PUPAR Unud yang menggali data berkaitan dengan penyusunan Masterplan Pembangunan Pariwisata.

Lebih jauh Bupati Freddy Thie mengungkapkan masterplan kepariwisataan yang disusun PUPAR harus mampu menjadi “motor” penggerak percepatan pembangunan pariwisata di kabupaten dengan peringkat toleransi dan kerukunan sosial tinggi di Papua Barat maupun Indonesia itu. 

Masyarakat Kaimana, kata Bupati Freddy Thie, sudah sangat tidak sabar menyaksikan Kaimana sebagai daerah tujuan wisata yang menjadi idaman wisatawan manca negara dan wisatawan nusantara. 

Kabupaten Kaimana memiliki potensi pariwisata yang sangat beragam yang pertu dipoles dan dikelola dengan lebih baik. 

“Masyarakat Kaimana sering membandingkan kemajuan pariwisata Kaimana terutamanya di Teluk Triton dengan Raja Ampat. Di Raja Ampat sudah sangat maju, di sini masih begini-begini saja alias tidak ada kemajuan padahal Kabupaten Kaimana dan Raja Ampat sama-sama berdiri 19 tahun lalu,” ujar Bupati Fressy Thie.

Ditambahkan, percepatan pembangunan pariwisata selain dilakukan dengan penyusunan masterplan yang menjadi panduan pengembangan pariwisata secara sistematis dan bertahap. Pemkab Kaimana juga mengundang penulis untuk mengeksplorasi keindahan alam dan keragaman budaya setempat.


Halaman :

TAGS :

Komentar