Mampu Tampung Ribuan Jemaah, Masjid Akbar Al Muttaqin Terindah di Papua Barat

  • 08 Mei 2022 22:35 WITA
Ketua Pembangunan Masjid Akbar Almuttaqin, Kampung Lama Bintuni, DR. Alimuddin Baeddu, MM, saat di wawancarai oleh wartawan, Minggu (8/5/2022)

Males Baca?


MCWNEWS.COM, BINTUNI - Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan akan meresmikan Masjid Akbar Almuttaqin Kampung Lama Bintuni, Selasa (10/5/2021).

Peresmian Masjid yang menjadi salah satu ikon destinasi wisata relegi terindah di Papua Barat ini dilakukan bertepatan saat halal bi halal antara Gubenur, Bupati serta Forkopimda bersama umat muslim Bintuni.

Masjid Akbar Al Muttaqin memiliki luas 35 meter x 35 meter di dalamnya terdapat 99 tiang penyanggah bangunan yang menyimbolkan 99 nama-nama baik Allah Swt (Asmaul Usna) dan memiliki tiga lantai.

"Bentuk bangunan yang indah dan juga memiliki lahan parkir yang cukup luas bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan oleh umat muslim di Bintuni seperti bazar dan pesta perkawinan serta perayaan hari-hari besar Islam," kata Ketua Panitia Pembangunan Masjid Akbar Al Muttaqin Kampung Lama Bintuni, DR. Alimudin Baedu, MM, Minggu (8/5/2022).

Masjid Akbar Al Muttaqin yang bisa menampung 3.500 orang tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi umat muslim di Bintuni khususnya masyarakat muslim yang tinggal di Kampung Lama Bintuni untuk datang menunaikan ibadah sholat lima waktu maupun kegiatan pengajian dan lainnya.

"Selain itu halaman parkir yang luas dan bahkan halaman depan masjid diperkirakan dapat menampung 1.500 jamaah serta dapat digunakan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri yang dapat menampung kurang lebih 10.000 jamaah," jelasnya.

Masjid Ajbar Almuttaqin, Kampung Lama Bintuni.

Alimudin Baedu yang kesehariannya juga adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Teluk Bintuni menuturkan bahwa pembangunan Masjid Akbar Al Muttaqin melalui rentetan waktu yang cukup panjang yaitu selama 7 tahun yaitu sejak tahun 2015 hingga 2022.

Sumber dana pembangunan masjid bersumber dari dana keagamaan Kabupaten Teluk Bintuni masa pemerintahan Bupati Petrus Kasihiw yang dalokasikan cukup besar untuk pembangunan rumah-rumah ibadah seperti masjid dan gereja yang ada di Teluk Bintuni termasuk masjid Akbar Al Muttaqin ini.

Meski sebelumnya bantuan juga ada namun tidak sebesar pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Petrus Kasihiw dan Matret Kokop, yang benar-benar komitmen untuk membangun Bidang Keagamaan pada periode pertama yaitu 2016-2021.


Halaman :

TAGS :

Komentar