Prakarsai Penanaman Sereh Wangi, Sujono Harap Masyarakat Lebih Mandiri

  • 16 Mei 2022 16:34 WITA
Sujono Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni saat berbincang-bincang dengan awak media di Kediamannya, SP 4 Kampung Banjar Ausoy, Senin (16/5/2022)

Males Baca?


MCWNEWS.COM, BINTUNI - Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni Fraksi Perindo, Sujono memprakarsai penanaman sereh wangi di wilayah Sp 3, Distrik Manimeri untuk bahan baku minyak aksiri. 

Ia lantas mengajak masyarakat agar lebih meningkatkan usaha yang sifatnya kemandirian karena selama ini hanya berharap dari APBD atau berharap proyek dari Pemerintah Kabupaten.

"Jadi kita ciptakan kemandirian untuk mereka, mungkin dengan membentuk koperasi atau membuat usaha-usaha kecil," tutur pria asal Jawa yang pertama kali menginjakkan kaki di Wimro (Teluk Bintuni) pada tahun 1987 saat ditemui awak media ini di Sp 4, Kampung Banjar Ausoy, Senin (16/5/2022).

Ia menyebutkan, program dari DPR ini tetap bersimulasi dengan partai karena partai juga mempunyai arah tujuan kedepan. Supaya program-program partai juga bisa mengena ke masyarakat.

Sujono mengakui, dirinya memang bukan daerah pemilihan (Dapil) I, tapi dia mencoba untuk membuat koperasi atau badan usaha yang mengelola hasil pertanian yaitu minyak aksiri di Sp 3 Distrik Manimeri. 

Pria yang pernah tinggal lama di Kota Ambon dari sekolah dasar hingga sekolah lanjutan tingkat atas itu mengatakan, minyak aksiri berbahan baku dari tanaman sereh merah itu akan diproses menjadi minyak . 

"Kenapa saya bergerak di pertanian sepenuhnya, karena tanaman sayur di saat panen raya susah sekali pemasarannya. Tapi kalau sereh wangi ini masuk dalam komoditi ekspor. Seberapapun besarnya dia akan bisa keluar, dan itu sudah saya rintis Insyaallah tahun ini sudah penyulingnya sudah kita datangkan," bebernya. 

Dijelaskan, tanaman tersebut ia datangkan dari Bogor dan sudah ditanam di Sp 3 di atas lahan lebih dari satu hektare.

Sujono berharap kedepannya Kabupaten Teluk Bintuni mempunyai ikon atau tanaman unggulan dan masyarakat terpacu untuk membudidayakan tanaman itu, sehingga masyarakat tidak tergantung dari anggaran APBD saja dan pemerintah bisa membantu.


Halaman :

TAGS :

Komentar