Prodi Sastra Inggris Unud Lakukan Pengabdian Masyarakat di SMK PGRI Payangan

  • 19 Mei 2022 11:16 WITA
Prodi Sastra Inggris Unud Lakukan Pengabdian Masyarakat di SMK PGRI Payangan, Rabu (18/5/2022)

Males Baca?


MCWNEWS.COM, GIANYAR - Tim pengabdian kepada masyarakat Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan, Rabu (18/5/2022) berlangsung di SMK PGRI Payangan, Gianyar. 

Kegiatan PkM guna melaksanakan salah satu kegiatan Tri Dharma Pendidikan Tinggi ini diketuai oleh Prof. Dr. Dra. Ida Ayu Puspani, M.Hum dengan mengambil tajuk “Pemanfaatan Berbagai Kamus Dalam Jaringan Guna Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Vokal Rangkap Bahasa Inggris oleh Siswa SMK PGRI Payangan Gianyar”. 

Pada kegiatan ini, tim PkM Program Studi Sastra Inggris memperkenalkan sistem pelafalan vokal rangkap dalam bahasa Inggris kepada siswa-siswi SMK PGRI Payangan serta cara memanfaatkan berbagai kamus dalam jaringan untuk meningkatkan keterampilan pelafalan.

Ketua Tim Pengabdian, Prof. Dayu Puspani memaparkan bahwa kegiatan PkM ini merupakan Program Udayana Mengabdi, salah satu skim PkM yang dimiliki oleh Universitas Udayana. 

Lebih lanjut, Prof Dayu Puspani menjelaskan bahwa dalam merancang dan melaksanakan kegiatan ini dirinya dibantu oleh 5 orang anggota PkM yang terdiri dari tiga orang dosen yakni Dr. Dra. Ni Luh Ketut Mas Indrawati, M.A, kedua Dr. Ni Wayan Sukarini, M.Hum., ketiga Novita Mulyana, S.S., M.Hum., serta dua orang mahasiswa yakni Ni Luh Kadek Ayu Darmapatni dan Erfina Maulani Putri. 

"Seluruh anggota berasal dari Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana," jelasnya.

Menurut Prof. Dayu Puspani, pemilihan siswa-siswi kelas XI SMK PGRI Payangan Gianyar menjadi target sasaran kegiatan pengabdian ini dilakukan atas berbagai pertimbangan.

Salah satunya adalah perkembangan Kecamatan Payangan sebagai salah satu tujuan pariwisata di Kabupaten Gianyar serta posisi strategis SMK PGRI Payangan yang mencetak lulusan-lulusan yang nantinya akan bekerja di bidang pariwisata. 

“Seiring dengan dibukanya kembali Pariwisata di Bali, pada era new normal ini, Kecamatan Payangan sebagai salah satu daerah yang dikembangkan menjadi daerah tujuan pariwisata tentunya akan memerlukan sumber daya muda yang terampil dan salah satu keterampilan yang dibutuhkan adalah keterampilan berbahasa Inggris yang baik," tuturnya.


Halaman :

TAGS :

Komentar