Mandacan Tegaskan hanya Akui PFM sebagai Ketua DAP Wilayah III Doberay

  • 31 Mei 2022 08:10 WITA
Ketua Dewan Adat Suku Meyah Arfak, Musa Mandacan (memakai seragam loreng)

Males Baca?


MCWNEWS.COM, SORONG - Dukungan untuk Mananwir Paul Finsen Mayor selaku Ketua Dewan Adat Wilayah III Doberay Papua Barat yang merupakan anak asli Suku Besar Betew Raja Ampat terus mengalir.

Kali ini dukungan datang dari Ketua Dewan Adat Suku Meyah Arfak yang meliputi 7 wilayah Suku Meyah Arfak di Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Bintuni, Musa Mandacan.

"Apabila ada yang mengatasnamakan diri itu ilegal dan tidak sah, kami tidak akan akui. Orang yang selama ini turun ke masyarakat adat dan urus masalah adat, tangani masalah adat di 11 kabupaten/ kota di Papua Barat ini adalah Mananwir Paul Finsen Mayor, Ketua DAP Wilayah III Doberay Papua Barat yang sah dan yang kami akui," ujarnya, Selasa (31/5/2022).

Menurutnya, seluruh Provinsi Papua Barat hanya mengakui Mananwir Paul Finsen Mayor, anak Adat Suku Besar Betew Raja Ampat sebagai Ketua DAP Wilayah III Doberay Papua Barat yang sah terpilih sejak 5 Juni 2018 di Konferensi Besar masyarakat adat Papua wilayah III Doberay Papua Barat yang dilaksanakan di Kota Sorong.

"Tidak mudah pimpin 10 kabupaten dan 1 kota dalam wilayah III Doberay Papua Barat ini. Jadi, jangan ada yang bikin malu diri sendiri dengan cara sepihak klaim diri," tuturnya.

Sehingga, ia meminta aktivitas DAP Wilayah III Doberay Papua Barat jalan seperti biasa dan tidak perlu menanggapi hal tersebut karena sejatinya masyarakat adat perlu diperhatikan dan dilindungi oleh pemimpin adat bukan jalan klaim-klaim diri. 
Baca juga:
Elemen Masyarakat Adat Tegaskan Dukung PFM sebagai Ketua Dewan Adat Wilayah III Doberay

"Dan itu Mananwir Paul Finsen Mayor, Ketua DAP Wilayah III Doberay Papua Barat jelas sudah lakukan dengan benar dan kami diperdalam Manokwari merasakan itu. Beliau datang dan membantu kami dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan adat disini," bebernya.

Ditambahkan, semestinya semua harus menghormati dan menghargai kepemimpinan yang baik dan sangat luar biasa ini. Bukannya, iri hati lalu bangun isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

"Anak-anak adat yang punya hati untuk tanah ini, jangan gabung dengan sebuah proses yang salah dan tidak benar. Kita semua setia pada yang benar dan benar-benar kerja seperti Mananwir Paul Finsen Mayor Ketua DAP Wilayah III Doberay Papua Barat yang sah dan diakui," pungkasnya. (ag)



TAGS :

Komentar