45 Persen Calon Wisudawan FP Unud Berpredikat “Cum Laude”

  • 23 Juni 2022 10:12 WITA

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, JIMBARAN - Fakultas Pertanian Universitas Udayana (FP Unud) menyelenggarakan upacara pelepasan calon wisudawan atau yudisium perode Juni 2022. Sebanyak 49 alumni FP Unud dilepas di Gedung Pasca Sarjana Unud, Rabu (22/6/2022) dan sekitar 45 persen lulusan meraih gelar dengan predikat dengan pujian alias “cum laude”.

Wakil Dekan I FP Unud Dr. Ir. Ni Luh Kartini, MS., menegaskan persentase predikat “dengan pujian” tertinggi dibandingkan dengan predikat-predikat lainnya. Lebih jauh, Dr. Luh Kartini, profile calon wisudawan periode Juni 2022. Berdasarkan total persentase predikat kelulusan, katanya, seluruh program studi meliputi calon wisudawan lulus dengan predikat cukup hanya 2,04 persen memuaskan (12,24 persen) sangat memuaskan (40,82 persen) dan dengan pujian (44,90 persen).

Dijelaskan, persentase kelulusan cum laude seharusnya bisa lebih tinggi mengingat kriteria penentuan predikat itu selain nilai tinggi juga mahasiswa mesti lulus tepat waktu. Mahasiswa mesti menempuh studi empat tahun, S2 (2 tahun) dan S3 (3 tahun). Tinggingya persentase lulusan cum laude menjadi bukti bahwa proses pembelajaran di FP Unud sudah berjalan baik. Kualitas proses pembelajaran di FP Unud, tegasnya, selalu mengadopsi inovasi bidang pendudukan. Sebagai contoh, saat ini dikembangkan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka dan aktivitas pembelajara berbasis studi kasus.

Dr. Luh Kartini mengemukakan bahwa jumlah calon wisudawan FP Unud yang dilepas pada yudisium periode Juni 2022 sebanyak 49 orang yang terdiri dari 40 orang lulusan S1, magister (7) dan doktor (2). 

"Prodi S1 Agribisnis melepas alumni terbanyak yakni 21 orang, dan Prodi S1 Agroekoteknologi,” tegas pakar pertanian organik tersebut. 

Hal yang tidak kalah menarik ialah mengenai perbandingan jumlah antara calon wisudawan laki-laki dan perempuan. Dari 21 calon wisudawan S1 Agribisnis hanya terdapat 1 orang calon wisudawan laki-lakian. 

Begitupun dengan Prodi Agroekoteknologi yang meluluskan 17 calon wisudawan, ternyata hanya 5 orang calon wisudawan yang berjenis kelamin laki-laki.


Halaman :

TAGS :

Komentar