Bawaslu Torut Gelar Diskusi Tentang Netralitas ASN

  • 23 Juni 2022 15:56 WITA
Usai Diskuisi Public Thematic , Bawaslu Torut bersama Organisasi Pers melakukan penandatanganan MoU

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, RANTEPAO - Bawaslu Toraja Utara menyelenggarakan Diskuisi Public Thematic dengan tema "Netralitas ASN antara Cita-cita dan Realitas". Diskusi diikuti puluhan peserta terdiri Aparat Sipil Negara (ASN), tokoh agama dan masyarakat.

Selain itu, dalam acara yang berlangsung di ruang Sekretariat Bawaslu Toraja Utara ini ditandai dengan  penandatanganan MoU antara Bawaslu Toraja Utara dan Ketua Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Toraja serta Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Toraja Raya.

Diskuisi Public Thematic dibuka oleh Ketua Bawaslu Toraja Utara Andarias Duma didampingi Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dalam kegiatan para peserta mendapatkan materi dan diskuisi "Netralitas ASN antara cita cita dan Realitas" yang dibawakan anggota Bawaslu Provinsi Sulsel, Saiful Jihad.

Saiful dalam pemaparan materinya mengangkat tentang ASN harus netral dan tanggung jawab sebagai pelayan publik dalam menjaga marwah.

"ASN tidak terpanguruh pada kepentingan orang perorang atau kelompok tertentu sebagai pengayom masyarakat, serta ASN tidak terpengaruh sirkulasi kekuasaan politik," tuturnya.

Selain dimensi netralitas juga dibahas netralitas politik ASN dan dasar hukum, di mana ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan parpol, serta ASN mempunyai hak pilih dalam pemilu namun dilarang menjadi anggota/pengurus partai politik.

Dan kewenangan dan kekuasaan, ASN dengan kewenangan dan kekuasaan yang dimilikinya sangat rentang untuk dipengaruhi dan mempengaruhi serta berpihak pada salah satu pasangan calon serta larangan Pasal 5 huruf (n) yang terdapat dalam PP 94 Tahun 2021 (tingkat dan jenis hukuman disiplin).

"Pelaksanaan demokrasi tanggung jawab kita semua, dan diminta partisipasi kita semua baik dalam tempat kita bekerja dan rumah tangga masyarakat untuk mensosialisasikan bagaimana berdemokrasi yang sebenarnya," ucap Ketua Bawaslu Andarias Duma pada acara Diskuisi Public Tematic.

Ditambahkan, Bawaslu tetap komitmen, apapun yang dilaksanakan itu akan dijalankan sesuai dengan Undang-undang dasar yang ada.

"Saya berharap kepada ASN, tokoh agama, masyarakat dan Pers untuk mensosialisasikan pelaksanaan  berdemokrasi yang benar," harap Andarias Duma. (saldi)



TAGS :

Komentar