Yakenpa - UNICEF Gelar Pelatihan Tenaga Sanitasi Sekolah

  • 02 Juli 2022 13:23 WITA
Reza Hendrawan WASH Officer UNICEF Papua-Papua Barat

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, JAYAPURA - Yayasan Noken Papua (Yakenpa) bersama UNICEF Tanah Papua menggelar Pelatihan Tenaga Sanitasi terkait Pengisian Verifikasi dan Validasi (Verval) Sanitasi Sekolah di Kota Jayapura.

Kegiatan yang dihadiri para petugas kesehatan ini diselenggarakan Kamis kemaren di ruang rapat Bappeda Kota Jayapura.

WASH Officer UNICEF Papua-Papua Barat, Reza Hendrawan menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memperbaiki kualitas data sanitasi sekolah agar bisa tercapai yang kita harapkan.

"Menurut data dari Kementerian Pendidikan terkait sanitasi sekolah yakni apakah sekolah ini punya akses toilet dan jamban terpisah antara laki-laki dan perempuan, lalu tentang kebersihannya, nah data-data ini kami punya tetapi tidak semua berdasarkan seperti apa yang terjadi dilapangan," katanya.

Jadi, pihaknya melakukan upaya verifikasi dan validasi (verval). Apabila sudah terverifikasi, pihaknya akan memperbaiki kualitas data tersebut.

"Kalau kualitas data sudah diperbaiki maka pemerintah daerah bisa punya program yang lebih efektif dan efisien karena mereka punya data dan informasi kebutuhan secara spesifik. Apakah membutuhkan akses air, akses sanitasi dan kebersihannya bagus," ujar Reza.

Terkait pelatihan tenaga sanitarian, akan melibatkan petugas dari puskesmas-puskesmas yang berada di Kota Jayapura.

Kota Jayapura sendiri dinilai relatif paling baik dari Kabupaten lainnya di Provinsi Papua. "Akses air, sanitasi dan kebersihan paling tinggi daripada kabupaten lain, sudah sekitar diatas 70 persen. Sekolah-sekolah di SD SMP di kota yang punya akses air, sanitasi yang layak," ungkapnya.

Maka pihaknya berharap, dengan data yang baik nantinya hal-hal terkait sanitasi sekolah dapat dimonitor dengan baik sehingga sistem pengalokasian dana nantinya dapat tepat sasaran dan berguna untuk meningkatkan status kesehatan sanitasi sekolah. (dy)



TAGS :

Komentar