Dukung Pelaksanaan KTT ASEAN, Kementerian PUPR Tingkatkan Infrastruktur di Kawasan Labuan Bajo

Selasa, 28 Mei 2024 06:04 WITA

Card image

Peningkatan beberapa infrastruktur fasilitas penunjang di Kawasan Labuan Bajo dan Kawasan Tana Mori, Nusa Tenggara Timur. (Foto: Wibisono/PUPR)

Males Baca?

 

JAKARTA - Beberapa infrastruktur fasilitas penunjang di Kawasan Labuan Bajo dan Kawasan Tana Mori, Nusa Tenggara Timur (NTT) tengah dilakukan peningkatan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Peningkatan fasilitas melalui pembangunan dan penghijauan infrastruktur tersebut rangka mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 pada 9-11 Mei 2023 mendatang. 

"Hal ini menunjukkan komitmen Indonesia untuk membawa ASEAN menjadi kawasan yang memiliki peran penting bagi rakyat, bagi kawasan dan bagi dunia," tutur Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Selasa (25/4/2023).

Dirinya menerangkan, pembangunan di Kawasan Labuan Bajo dan Kawasan Tana Mori bukan hanya berperan untuk mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42, tetapi juga meningkatkan kualitas pariwisata, lingkungan, dan ekonomi kawasan yang berkelanjutan.

Kegiatan difasilitas penunjang KEK Tana Mori dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTT Direktorat Jenderal Bina Marga. 

Saat ini lanjutnya, progres pelaksanaan peningkatan fasilitas penunjang di Kawasan Labuan Bajo sebesar 72,26 persen. Sedangkan progres pelaksanaan peningkatan fasilitas penunjang Kawasan Tana Mori saat ini mencapai sebesar 93,88 persen. 

"Pada momen libur Idul Fitri 2023 ini masyarakat memanfaatkan kawasan waterfront Labuan Bajo untuk berwisata dan juga digunakan untuk sholat Ied pada hari raya," beber Diana.

Ditambahkan, Kementerian PUPR telah menyelesaikan Kawasan Waterfront Marina yang sudah diresmikan Presiden Jokowi pada Juli 2022 dan Puncak Waringin yang diresmikan pada Oktober 2021. 

Kedua kawasan tersebut juga rencananya akan digunakan sebagai venue untuk rangkaian acara ASEAN Summit di Labuan Bajo. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya