Lawan Vonis Lepas Bupati Mimika Nonaktif, KPK Resmi Ajukan Kasasi

Senin, 27 Mei 2024 01:26 WITA

Card image

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, saat wawancara dengan Awak Media, Jumat (11/8/2023). (Foto: Satrio/MCW)

Males Baca?

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak terima dengan putusan lepas Bupati Mimika Nonaktif, Eltinus Omaleng. KPK masih berkeyakinan bahwa Eltinus Omaleng terlibat dalam perkara korupsi proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Mimika, Papua.

Atas dasar itu, KPK melalui tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengajukan upaya kasasi ke Mahkamah Agung (MA). KPK telah resmi menyerahkan memori kasasi tersebut ke MA melalui Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Makassar.

"Tim jaksa KPK telah menyerahkan memori kasasi untuk perkara terdakwa Eltinus Omaleng melalui Pengadilan Tipikor pada PN Makassar," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Jumat (11/8/2023).

Lebih lanjut, dijelaskan Ali soal argumentasi hukum yang tertuang dalam memori kasasi tersebut. Di antaranya, tidak dibacakannya pertimbangan hukum majelis hakim dalam menjatuhkan vonis lepas terhadap Eltinus Omaleng.

"Atas tindakan majelis hakim yang hanya membacakan amar putusan tersebut, bertentangan dengan ketentuan yang diatur dalam Pasal 195 dan Pasal 199 ayat (1) huruf b KUHAP," ujar Ali.

Selain itu, menurut KPK, dasar putusan juga tidak sedikitpun memuat alasan dan pertimbangan majelis hakim yang memutus terdakwa Eltinus Omaleng lepas dari segala tuntutan hukum. Bahkan, pertimbangan hakim dalam memutus lepas Eltinus bertentangan dengan fakta hukum.

"Pertimbangan putusan majelis hakim juga tidak sesuai dan bertolak belakang dengan fakta hukum yang diungkap tim Jaksa selama proses persidangan," tegas Ali.

"Dalam persidangan sebagaimana alat bukti yang dihadirkan tim jaksa dengan jelas menerangkan perbuatan terdakwa yang dengan perintah dan diketahui serta dikehendakinya untuk melakukan korupsi pembangunan gereja Gereja Kingmi Mile 32 yang mengakibatkan kerugian keuangan negara," imbuhnya.

Majelis hakim Mahkamah Agung (MA) diharapkan dapat mempertimbangkan upaya hukum kasasi atas vonis lepas Eltinus Omaleng yang diajukan KPK tersebut. KPK minta Eltinus dihukum 9 tahun penjara sesuai dengan tuntutan tim jaksa.

"KPK berharap majelis hakim pada Mahkamah Agung RI dapat memutus dan mengabulkan permohonan kasasi tim jaksa sebagaimana amar tuntutan dengan menyatakan bersalah dan dipidana penjara selama 9 tahun disertai membayar uang pengganti Rp2,5 Miliar dan pidana tambahan berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik," bebernya.

Diketahui sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Makassar menjatuhkan vonis lepas terhadap Bupati nonaktif Mimika Eltinus Omaleng. Hakim menyatakan Eltinus tidak terbukti bersalah atas perkara dugaan korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 Tahap 1 tahun anggaran 2015 di Kabupaten Mimika.


Reporter: Satrio
Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya