Atase Polisi Selandia Baru Pantau Perkembangan Pembebasan Pilot Susi Air

Selasa, 27 Februari 2024 19:48 WITA

Card image

Borell bertemu dengan Kaops Damai Cartenz 2024, Kombes Pol Dr Faizal Ramadhani, dan para petinggi Satgas Damai Cartenz di Timika, Selasa (27/2/2024).

Males Baca?

TIMIKA - Atase Polisi Selandia Baru, Paul Laurence Borell, mengunjungi Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Selasa (27/2/2024) untuk memantau langsung perkembangan upaya pembebasan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

Borell bertemu dengan Kaops Damai Cartenz 2024, Kombes Pol Dr Faizal Ramadhani, dan para petinggi Satgas Damai Cartenz lainnya. Ramadhani memaparkan situasi terkini terkait upaya pembebasan sandera, termasuk proses negosiasi yang masih berlangsung dan dipimpin oleh Pj Bupati Nduga, Edison Gwijangge.

Borell menyatakan mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Satgas Damai Cartenz dan berharap pilot Susi Air dapat segera dibebaskan dengan selamat.

"Kami turut berbela sungkawa atas gugurnya anggota TNI-Polri dalam operasi pembebasan sandera," kata Borell. "Kami harap Damai Cartenz dapat menyelesaikan kasus ini secepatnya."

Pada kesempatan ini Borell juga meninjau langsung Posko Induk Mimika ODC -2024 dan berdialog dengan para anggota Satgas Damai Cartenz.

Kapolres Nduga, AKBP VJ Parapaga, menegaskan bahwa upaya pembebasan pilot Susi Air terus dilakukan. Forkopimda Nduga berkomitmen untuk menyelesaikan kasus ini dengan pendekatan kekeluargaan, melalui kesejahteraan dan dialog.

Parapaga mengakui bahwa proses negosiasi sempat terhambat oleh pemberitaan media yang masif, namun dia memastikan bahwa upaya pembebasan sandera tetap menjadi prioritas utama.

Paul Laurence Borell juga menanyakan apakah berakhirnya masa jabatan Pj. Bupati Nduga pada akhir bulan ini akan berdampak pada kelanjutan proses negosiasi.

AKBP VJ Parapaga menjawab bahwa sistem negosiasi yang telah dibangun selama ini akan tetap berjalan meskipun Pj Bupati Nduga nantinya digantikan oleh pejabat baru.

Di akhir kunjungan, Borell menyerahkan cenderamata kepada Kaops Damai Cartenz-2024 Kombes Pol Faizal Ramadhani, sebagai tanda penghargaan atas keramahan dan kerjasama yang telah terjalin selama ini.

Reporter: Edy


Komentar

Berita Lainnya