Berpotensi Menjadi Bisnis Menjanjikan, Masyarakat Kampung 7 Forada Tanam Kopi Arabika

Jumat, 27 Mei 2022 14:09 WITA

Card image

Dedi Farkandi berpose di atas lahan perkebunan kopinya.

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, BINTUNI - Warga jalur 7 Kampung Forada, Distrik Sumuri, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat memanfaatkan lahan untuk membuat perkebunan kopi jenis Arabika.

Hal ini dilakukan karena masyarakat menganggap kopi jenis Arabika berpotensi menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

"Kopi menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, saya dan kakak saya mencoba menanam kopi jenis Arabika sejak dua tahun yang lalu," kata Dedi Farkandi kepada awak media ini, Jumat (27/5/2022).

Ketua Kelompok Tani Bersama yang beralamat di Jalur 7, Kampung Forada, Distrik Sumuri menjelaskan, kopi Arabika ia tanam masing-masing bersama Nawan (60) di atas lahan setengah hektare sejak dua tahun yang lalu.

"Kini buahnya sudah lumayan besar tapi kami belum tahu kapan bisa dipanen. Kopi belum bisa dipastikan panennya karena saya belum tahu jaraknya, kita kan masih belajar. Kalau buahnya sudah lumayan besar, tapi saya belum tau berapa bulan dia bisa tua. Saya belum paham," jelas pria asal pulau Sumatera itu.

Dedi dan Nawan menanam kopi Arabika masing-masing sebanyak empat ratusan pokok. Menurutnya, apabila sudah panen dia akan memasarkannya ke Pulau Jawa.

"Kalau sudah panen rencananya kita akan kirim ke Jawa dan dikelola sendiri. Untuk pemasaran saya sudah ada jaringan di sana," sebut Dedi petani Sumuri yang menanam berbagai jenis tanaman di Kampung Forada.

Disinggung soal kendala, Dedi Farkandi mengakui selama ini tidak ada kendala yang dialami dan tanaman kopi yang ditanamnya belum pernah diserang hama.

Namun ia berharap agar warga setempat yang berprofesi sama dengannya sebagai petani, turut tergerak hatinya untuk menanam kopi Arabika.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya