Dibangun dengan Anggaran Rp1,7 triliun, Bendungan Beringin Sila Diresmikan

Kamis, 29 Desember 2022 12:50 WITA

Card image

Presiden Jokowi saat meresmikan bendungan Beringin Sila didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kamis (29/12/2022). (Foto: BKP/mcw)

Males Baca?


SUMBAWA - Bendungan Beringin Sila yang terletak di Desa Motong Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden saat peresmian dengan didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Bendungan Beringin Sila adalah bendungan yang ke -34 yang telah diresmikan sejak 8 tahun yang lalu. 
 

"Di Provinsi NTB ada enam bendungan, ini bendungan yang ke 4. Masih ada dua lagi, InsyaAllah yang akan diselesaikan tahun depan," tutur Jokowi, Kamis (29/12/2022).

Dirinya berpesan kepada masyarakat, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Pusat untuk dapat mengoptimalkan pemanfaatan Bendungan Beringin Sila utamanya untuk ketahanan air dan ketahanan pangan. 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menerangkan bendungan yang dibangun dengan anggaran Rp1,7 triliun dengan luas genangan 126 hektare (ha) ini, akan mengairi sawah kurang lebih 3500 ha. 

"Kita harapkan di Kabupaten Sumbawa khususnya yang dulu bisa panen sekali, nanti para petani bisa jadi panen 2 atau bahkan 3 kali. Harapan kita produktivitas pertanian di NTB bisa meningkat secara drastis sebagai dampak dari anggaran pembangunan yang tidak sedikit. Jadi ada return atau manfaat nyatanya," ucapnya.

Sementara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, pembangunanBendungan Beringin Sila bertujuan untuk mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan irigasi dan air baku khususnya di wilayah Kecamatan Utan dan Kecamatan Buer, Kabupaten Sumbawa. 

"Kunci pembangunan di NTB adalah ketersediaan air. Dengan adanya suplai air yang kontinu dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam,” jelasnya.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya