Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sadawarna

Selasa, 27 Desember 2022 11:20 WITA

Card image

Peresmian bendungan ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penanda tanganan prasasti oleh Presiden Jokowi, dan dilanjutkan dengan penebaran benih ikan ke bendungan., Selasa (27/12/2022). (Foto; BKP/mcw)

Males Baca?


SUBANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto meresmikan Bendungan Sadawarna di Kabupaten Subang dan Sumedang.

Bendungan tersebut dibangun untuk mendukung ketahanan pangan dan pengendalian banjir di Provinsi Jawa Barat. Ini merupakan bendungan ke-33 yang telah diresmikan dan dioperasikan sejak 2015, serta termasuk dari 61 bendungan yang ditargetkan selesai hingga 2024 mendatang.

Peresmian bendungan ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penanda tanganan prasasti oleh Presiden Jokowi, dan dilanjutkan dengan penebaran benih ikan ke bendungan.

Selain Basuki dan Hadi Tjahjanto, tampak hadir Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Bupati Indramayu Nina Agustina, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan bahwa Bendungan Sadawarna memiliki tampungan 70 juta meter kubik dengan luas genangan sekitar 680 hektare, yang memiliki manfaat utama untuk mengairi area persawahan seluas 4.280 hektare di Kabupaten Subang dan Indramayu. 
 

"Kita harapkan dengan banyaknya waduk-waduk yang dibangun di Indonesia, produktivitas tanaman pangan, utamanya padi dan hortikultura dan lain-lainnya bisa naik, sehingga ketahanan dan kemandirian pangan kita semakin baik," ujarnya, Selasa (27/12/2022) di sela peresmian.

Di lokasi yang sama Menteri Basuki menerangkan, pembangunan bendungan yang masif harus dibarengi dengan langkah modernisasi irigasi, yakni melalui pengembangan dan pemeliharaan daerah irigasi premium. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya


Bendesa Berawa Segera Disidangkan