Terus Digenjot, Bendungan Mbay Fokus Pengerjaan Akses Jalan dan Pengelak Air

Senin, 19 September 2022 18:18 WITA

Card image

Kepala Satuan Kerja Pembangunan Bendungan II Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara II, Nedy Hidayat ST MT, di kantornya, Senin (19/09/2022), (Foto: MCWNEWS).

Males Baca?

 

MCWNES.COM, KUPANG  - Pembangunan Bendungan Mbay di Rendu Butowe, Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur terus digenjot. Saat ini pembangunan fokus pada tahap pengerjaan akses jalan dan terowongan pengelak air.

"Saat ini kita sedang mengerjakan untuk terowongan pengelak air dan akses jalan menuju bendungan sepanjang 7.4 kilometer," kata Kepala Satuan Kerja Pembangunan Bendungan II Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara II, Nedy Hidayat ST MT, di kantornya, Senin (19/09/2022).

Secara umum, pembangunan Bendungan Mbay telah mencapai progres 4 persen. Nedy Hidayat tidak menampik ada kendala yang menghambat dihadapi di lapangan, khususnya masalah lahan.

"Jadi di Bendungan Mbay ini (lahan, red) lebih dominan tanah ulayat. Sehingga data administrasi pihak ulayat ini nantinya diwakilkan ke siapa, itu tidak mudah juga," ungkapnya.

Untuk itu pihaknya mendorong pemerintah daerah setempat memediasi penyelesaian masalah ini. Dan, Nedy mengatakan telah ada titik temu, dan saat ini sedang menyelesaikan proses administrasi dan pembayarannya.

"Titik temunya sudah ada. Secara prinsip masyarakat sudah sepakat dan mendukung pembangunan bendungan itu. Yang masih belum selesai prosesnya administrasinya," ujarnya.

Nedy mengatakan Bendungan Mbay memerlukan pembebasan 555 bidang lahan. Tahap pertama, katanya, sudah selesai dibayarkan pembebasan 81 bidang clean and clear (milik perorangan) pada April 2022.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya


Bendesa Berawa Segera Disidangkan