44 Calon Jamaah Haji Asal Bintuni Berangkat ke Tanah Suci

Selasa, 06 Juni 2023 18:36 WITA

Card image

Calon Jamaah Haji asal Teluk Bintuni melakukan keberangkatan dari embarkasi Makassar ke Arab Saudi, Selasa (6/6/2023). (Foto: Haiser/MCW)

Males Baca?

 

BINTUNI - 44 orang calon jamaah haji asal Kabupaten Teluk Bintuni akan berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin menuju Arab Saudi, Selasa (6/6/2023) pukul 18.00 WITA. Mereka terdiri dari 30 orang jamaah perempuan dan 14 orang jamaah laki-laki.

Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Teluk Bintuni Nurkholis menerangkan, meskipun masih menggunakan biaya pribadi, jamaah haji yang akan berangkat tidak ada yang merasa keberatan.

"Situasinya seperti ini dan kami sudah jelaskan nanti kalau ada anggaran dari Pak Bupati, jamaah yang punya uang akan dikembalikan karena di undang-undang biaya transportasi calon jamaah haji harus dikembalikan," jelasnya, Selasa (6/6/2023).

Dalam undang-undang haji Pasal 34 lanjutnya, sudah jelas bahwa calon jamaah haji dari daerah asal ke Embarkasi dan dari Embarkasi pulang ke daerah asal ditanggung oleh Pemda.

Oleh karena itu Kemenag RI berusaha dan sudah berkoordinasi dengan Sekda, di mana proposal dialihkan ke Kesbangpol.

"Kita kordinasi kemarin sementara pak Kaban Kesbangpol tidak berada di tempat karena ada di luar Bintuni. Tapi nanti setelah kita pulang ke Bintuni, kita akan urus lagi, dulu juga seperti itu prosesnya pasti dikembalikan," bebernya.

Dalam unsur proposal ada untuk jamaah, ada operasional untuk Embarkasi baik sewa mobil, sewa hotel sebelum masuk Embarkasi. Kemudian untuk ongkos buruh angkat tas, pengangkutan dan lain sebagainya. 

"Kalau dianggarkan banyak, tapi kita sudah koordinasi dengan Ka Kanwil Kemenag Papua Barat bahkan ketika kita rapat itu kita juga dihadiri oleh inspektur jenderal dan kita belajar untuk terbuka," jelasnya.


Halaman :
  • TAGS:
  • BINTUNI

Komentar

Berita Lainnya