Bawaslu Teluk Bintuni Lantik Enam PAW Panwaslu Kecamatan

Kamis, 26 Oktober 2023 18:13 WITA

Card image

Ketua Bawaslu Teluk Bintuni Mengambil Sumpah/Janji PAW Panwaslu Kecamatan, Kamis (26/10/2023). (Foto: Haiser/MCW)

Males Baca?

BINTUNI – Tiga bulan menjelang Pemilu 2024. Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Tingkat Kecamatan di Kabupaten Teluk Bintuni mengalami perombakan melalui mekanisme Penggantian Antar Waktu (PAW).

PAW ini meliputi personel di lima kecamatan, yakni, Bintuni, Fafurwar, Kaitaro, Tembuni, dan Merdey. Pelantikan terhadap enam anggota Panwaslu pun sudah dilakukan di Kantor Bawaslu Teluk Bintuni pada Kamis (26/10/2023).

Proses PAW ini melibatkan pengambilan sumpah, pembacaan integritas, dan penandatanganan. “Pelantikan anggota Panwaslu dari berbagai Distrik bukan kebetulan, melainkan hasil dari proses dan mekanisme yang telah disusun oleh Bawaslu Kabupaten Teluk Bintuni dalam beberapa bulan terakhir,” terangnya.

Ketua Bawaslu Teluk Bintuni, Supiah Tokomadoran. 

Proses PAW dilakukan karena beberapa anggota Panwaslu tidak aktif, meninggal dunia, atau telah dilantik menjadi komisioner Bawaslu kabupaten.

Supiah menekankan pentingnya tugas Panwaslu untuk menjaga kerahasiaan internal lembaga dan menyelesaikan masalah dengan kolaborasi. “Tugas Panwaslu adalah kerja tim dan tugasnya sangat berat,” pesannya.

Pergantian anggota Panwaslu ini merupakan langkah penting untuk menjaga integritas dan kelancaran penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak tahun 2024.

Dengan adanya anggota Panwaslu yang baru, diharapkan dapat meningkatkan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu, sehingga pemilu dapat berjalan secara jujur, adil, dan berintegritas.

Anggota Panwaslu yang baru juga diharapkan dapat bekerja sama dengan berbagai pihak, baik penyelenggara pemilu, peserta pemilu, maupun masyarakat, untuk memastikan penyelenggaraan pemilu yang berkualitas.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya