Beri Pemahaman Pemilih, KPU Torut Gelar Simulasi Pemungutan  Suara di TPS

Selasa, 30 Januari 2024 08:14 WITA

Card image

Warga Lembang Sangbua TPS 002 Pangra'pa' saat mengikuti simulasi yang diselenggarakan oleh KPU Toraja Utara, Senin (29/1/2024).

Males Baca?

RANTEPAO  - KPU Toraja Utara (Torut) menyelenggarakan simulasi pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi hasil perhitungan suara serta penggunaan sirekap dalam pemilu 2024 TPS 002 Pangrapa Lembang Sangbua Kecamatan Kesu, Senin (29/1/2024).

Nampak terlihat warga Sangbua TPS 002 antusias mengikuti simulasi tersebut dengan mendapat arahan dari PPK ,PPS dan KPPS yang dihadiri kepala Lembang, Polisi dan TNI.

Anggota KPU Toraja Utara Divisi Tehnis Penyelenggara Pemilu, Semuel Rianto Tappi saat ditemui MCWNEWS menuturkan Kegiatan simulasi pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi hasil perhitungan suara serta penggunaan sirekap pemilu 2024 ini merupakan amanat KPU RI

"Pelaksanaan Simulasi ini wujud pelaksanaan PKPU 25 Tahun 2023 tentang pemungutan dan perhitung hasil suara dan juknis 66," ungkapnya.

Kata Semuel, Simulasi ini dilakukan agar jajaran penyelenggara KPPS, PPS dan PPK dapat memahami  benar titik - titik krusial dari pelaksanaan pemungutan suara serta perhitungannya di hari H yang dijadwalkan 14 Pebruari 2024 sehingga  pemilu berjalan normal. 

Dengan adanya dilakukan simulasi harapan kita semua penyelenggara KPPS dapat memahami tugas pokok dan tanggungjawabnya serta bersinergi antara lembaga penyelenggara KPU, Bawaslu maupun Petugas keamanan " ucap Semuel, seray menambahkan Simulasi ini sudah dilakukan di beberapa tempat, yakni Rantepao dan kita memilih kecamatan Kesu Lembang Sangbua untuk  simulasi karna melalui rapat pleno Lembang Sangbua yang terpilih dengan pertimbangan dekat dari Rantepao  dan terletak di jalan poros.

Sementara itu, Kepala Lembang Sangbua Antonius Randan sangat mengapresiasi dengan adanya dilakukan simulasi untuk memberi pemahaman kepada masyarakat  di wilayahnya oleh KPU.

Suatu kebanggaan tersendiri yang dijadikan tempat simulasi tata cara dalam hal  memilih yang dilaksanakan oleh KPU untuk memberi pemahaman kepada masyarakat sangbua.

Reporter: Saldi


Komentar

Berita Lainnya