Brigjen Endar Kembali Jabat Direktur Penyelidikan KPK Usai Ngadu Presiden Jokowi

Rabu, 05 Juli 2023 21:04 WITA

Card image

Brigjen Endar Priantoro Sambangi Gedung Merah Putih KPK Usai Diputuskan Kembali Menjabat Direktur Penyelidikan KPK, Rabu (5/7/2023). (Foto: Satrio/MCW)

Males Baca?

 

JAKARTA - Brigjen Endar Priantoro kembali bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan jabatan Direktur Penyelidikan. Brigjen Endar kembali ke KPK setelah sempat mengadu ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena diberhentikan dengan hormat oleh Firli Bahuri Cs.

"Betul. SK (Surat Keputusan) tertanggal 27 Juni perubahan atas SK yang lama," kata Brigjen Endar saat dikonfirmasi, Rabu (5/7/2023).

Kabar kembalinya Endar ke lembaga antirasuah juga diamini Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri. Ali menjelaskan bahwa Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) penugasan kembali Brigjen Endar sebagai Direktur Penyelidikan per tanggal 27 Juni 2023.

"Benar, kembali bertugas berdasarkan SK Sekjen KPK tertanggal 27 Juni 2023. Dengan pertimbangan antara lain untuk menjaga harmonisasi dan sinergi antar penegak hukum dalam upaya pemberantasan korupsi," kata Ali dikonfirmasi terpisah.

Lebih lanjut, Ali mengatakan bahwa Brigjen Endar saat ini masih mengikuti pendidikan di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas). Oleh karenanya, jabatan Dir Lidik untuk sementara waktu diisi Ronald Worotikan sebagai Pelaksana Harian (Plh) sambil menunggu pendidikan Endar selesai pada Oktober 2023.

"Sebagai pelaksana harian (plh) Direktur Penyelidikan dijabat oleh Ronald Worotikan sampai nanti beliau selesai menjalankan tugas pendidikan di Lemhanas. Selesai Oktober 2023," jelas Ali.

Setelah mendapat SK penugasan kembali, Endar langsung menyambangi Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, sore hari ini. Ia disambut oleh rekan penyidik dan penyelidik. Kedatangan Endar ke KPK untuk bertemu pimpinan. Namun, Endar gagal bertemu pimpinan KPK sore ini.

"Bahwa nanti dicari waktu yang tepat sehingga saya langsung bisa bertemu para pimpinan. Mulai hari ini tentunya saya akan melaksakan tugas kembali sebagai Direktur Penyelidikan," ungkap Endar di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya