Ditembaki KKB Pegunungan Bintang, Pesawat Angkut Barang Dagangan Batal Landing

Senin, 09 Januari 2023 08:55 WITA

Card image

Caption foto: Pesawat Caravan yang diberondong KKB di Pegunungan Bintang, Senin (9/1/2023). (Foto: Edy/mcw)

Males Baca?


JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kabupaten Pegunungan Bintang kembali menebar teror. Mereka menembaki pesawat sipil yang hendak landing di Bandara Oksibil Pegunungan Bintang.

Pesawat yang ditembaki KKB tersebut adalah pesawat kargo Ikaros Jenis Caravan PK - HVV dari Tanah Merah - Oksibil.

"Penembakan diduga dilakukan oleh KKB KODAP XXXV Bintang Timur Kabupaten Pegunungan pimpinan Ananias Atimin Bintang," terang Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo kepada wartawan, Senin (9/2/2023).

Ia mengatakan, aksi penembakan terjadi sekitar pukul 10.45 WIT, saat pesawat berjenis Caravan PK-HVV yang dipiloti oleh Capt. Tohirin akan melakukan landing dengan rute Tanah Merah -  Oksibil. Kejadia itu membuat pesawat batal melakukan landing.

“Pesawat kargo tersebut merupakan pesawat barang dagangan, namun hingga kini kami masih belum mendapatkan kepastian mengenai korban jiwa maupun materil karena masih menunggu konfirmasi dari pihak Bandara Oksibil,” jelasnya.

Dikatakan, saat ini pihaknya telah menangani kasus tersebut dan akan melakukan pendalaman terhadap KKB yang melakukan aksi penembakan.

“Kami akan lakukan penyelidikan menyeluruh terhadap kasus yang terjadi siang tadi di Bandara Oksibil, dan kami juga akan memastikan apa saja kerugian yang dialami akibat kejadian itu," jelasnya.

Terpisah AKBP Muhammad Dafi Bastomi selaku Kapolres Pegunungan Bintang menyampaikan bahwa pihaknya akan menjamin keamanan di Kabupaten Pegunungan Bintang, dan akan mengusut peritiwa tersebut.

“Hingga kini kami masih belum mendapatkan informasi mengenai sisi mana yang terkena tembakan, namun kami akan memastikan aktivitas penerbangan di Bandara Oksibil baik dari luar maupun keberangkatan,” kata Kapolres.

 

Repoter: Edy

Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya