Dr Togar Situmorang Buka Ujian Kenaikan Tingkat Gojokai Bali

Minggu, 30 April 2023 12:33 WITA

Card image

Foto bersama dengaKetua Umum Gojokai Bali Dr. Togar Situmorang, SH,.MH.,MAP., CMED.,CLA. di Lapangan I Wayan Geso, Wantilan Pura Delem, Minggu (30/4/2023) (Foto: Agung/mcw)

Males Baca?

 

BADUNG - Ujian kenaikan tingkat/kyu digelar Gojokai. Onegasaimashu yang dihadiri seluruh pengurus dan sabuk hitam di Lapangan I Wayan Geso, Wantilan Pura Delem, Desa dibuka langsung Ketua Umum Gojokai Bali Dr. Togar Situmorang, SH,.MH.,MAP., CMED.,CLA

Karate Goju pertama-tama diperkenalkan di Indonesia oleh seorang pedagang Jepang bernama Kunishiro Ishi (Dan IV), ini sekitar tahun 1960-an, tetapi pada waktu itu Ishi hanya melatih karate Goju dalam bentuk kelompok-kelompok kecil belum terorganisir rapi. 

"Kunishiro Ishi mempunyai 3 murid senior yaitu Richard Menwidjaya, Maskun Prasetya dan Budhi Dharma," papar Togar, Minggu (30/4/2023).

Ia menerangkan, pada 15 agustus 1967, Setyo Harjono, SE, mendirikan Karate Do Gojukai Indonesia di Jakarta. Sebagai Komda (komisariat Daerah) lahirlah Komda DKI Jaya, lalu Komda-komda berikutnya.

Setyo Haryono mengajak Kunishiro Ishi bergabung ke dalam organisasinya tetapi dengan alasan pribadi, Ishi menolak. Di sana yang ikut bergabung adalah dua murid senior Ishi yaitu Richard Menwidjaya dan Maskum Prasetya.

Sedangkan Budhi Dharma kemudian mendirikan perguruan sendiri bernama Gokasi itu sejarah awal Gojokai di Indonesia. 

Dr. Togar Situmorang, SH,MH, MAP, CMED,CLA selaku pengacara kondang nasional sangat menyukai olah raga karate dan semasa kecil, di mana awal bergabung dengan Budhi Darma pendiri Gokasi dan dilatih simpay bernama Jimmy Alexander.

"Waktu itu ikut Dojo Gedung Arthaloka Jakarta," beber Togar dari Gedung Graha Situmorang, Ketewel. 

Ia menerangkan, perkembangan atlet karate perguruan Gojukai di Provinsi Bali sangat masif. Bahkan atlet Gojokai Provinsi Bali seperti Ni Made suci astuti (Dan II) Ni putu Sinta Mariati (Dan I) Anak agung Sagung bulan Indira swari (coklat) sedang digembleng untuk fokus ke Pra PON di Kalimantan, untuk menuju PON 2024.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya