Infrastruktur Vital di Kaltim Senilai Rp561 Miliar Diresmikan

Jumat, 01 Maret 2024 20:46 WITA

Card image

Peresmian oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Males Baca?

PENAJAM PASER UTARA- Sebuah tonggak sejarah dalam pembangunan infrastruktur di Kalimantan Timur ditandai dengan peresmian oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Pada Jumat (1/3/2024), telah meresmikan pembangunan 10 ruas jalan dan 1 jembatan yang dilaksanakan melalui program Inpres Jalan Daerah (IJD).

Peresmian tersebut berlangsung di ruas jalan akses menuju Wisata Goa Batu - Tapak Raja di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara.

"Sepuluh ruas jalan ditambah satu jembatan di Provinsi Kalimantan Timur sepanjang 50,9 km telah dibangun dengan biaya Rp561 miliar," kata Presiden Jokowi.

Proyek ini menjadi langkah konkret dalam meningkatkan konektivitas dan perekonomian regional.

Sepuluh ruas jalan yang diperbaiki yaitu jalan Riko-Maridan dan jalan akses ke destinasi wisata Goa Batu-Tapak Raja di Kabupaten Penajam Paser Utara, jalan Loleng di Kabupaten Kutai Kartanegara, jalan Simpang Batu-Laburan di Kabupaten Paser, jalan Simpang Poros (Pom Bensin)-Tanjung Isuy- Tj. Jan-Pulau Lanting di Kabupaten Kutai Barat, jalan Proklamasi di Kota Balikpapan.

Kemudian jalan akses Pelabuhan Kenyamukan di Kabupaten Kutai Timur, jalan Ir. Soekarno-Hatta-M. Roem-Urip Sumohardjo di Kota Bontang, jalan Lenggo-Teluk Sulaiman di Kabupaten Berau, dan jalan Long Hubung-Jalan Poros di Kabupaten Mahakam Hulu. Sedangkan jembatan yang diperbaiki yaitu akses ke wisata Goa Batu-Tapak Raja di Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian, menjelaskan bahwa pembangunan ini dilakukan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2023. Ruas-ruas jalan ini tidak hanya memperbaiki akses transportasi, tetapi juga mendukung konektivitas menuju kawasan produktif, termasuk kawasan Industri Kecil Menengah (IKM) Nusantara.

Menurut Nina, pemilik toko grosir di ruas jalan akses ke Wisata Goa Batu - Tapak Raja, perbaikan jalan tersebut berdampak positif terhadap usahanya. "Setelah jalannya bagus, alhamdulillah jadi lancar, berpengaruh pada pendapatan kami dan daya beli warga di sini jadi meningkat," katanya dengan senyum. 

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas pembangunan infrastruktur hingga ke daerah pedesaan.

Program IJD ini didasarkan pada Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Pada tahun anggaran 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga mengalokasikan anggaran sebesar Rp14,6 triliun secara nasional untuk memperbaiki 2.873 km jalan daerah di seluruh Indonesia.

Dalam acara peresmian ini, turut hadir Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Kasatgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur Reiza Setiawan.

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya