KPK Bongkar Ekspor Ilegal Jutaan Ton Bahan Baku Nikel ke China

Senin, 26 Juni 2023 15:10 WITA

Card image

Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Wilayah V KPK, Dian Patria saat dikonfirmasi, Senin (26/6/2023). (Foto: Satrio/MCW)

Males Baca?

 

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membongkar ekspor ilegal jutaan ton bahan baku nikel dari Indonesia ke China. Berdasarkan informasi yang dikantongi KPK, ada sebanyak 5 juta ton ore nikel yang diselundupkan ke China kurun waktu Januari 2020 hingga Juni 2022.

"Dari Januari 2020 sampai dengan Juni 2022," kata Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Wilayah V KPK, Dian Patria saat dikonfirmasi, Senin (26/6/2023).

Dugaan ekspor ilegal jutaan ton ore nikel tersebut tercatat dalam situs resmi otoritas penanganan bea dan cukai Tiongkok. Hal itu, terlihat dari kode sandi Indonesia yang tercatat di situs resmi bea cukai Tiongkok.

"Ya dari info publik website bea cukai china. Terlihat partner atau negara asal 112 (Indonesia)," kata Dian.

Ekspor bahan baku tambang tersebut diketahui melanggar perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab sebelumnya, Jokowi telah melarang ekspor nikel sejak 1 Januari 2020. Kebijakan itu diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 11/2019.

Saat ini, KPK sedang membuat kajian terkait kerugian keuangan negara terkait dugaan penyelundupan bahan baku nikel tersebut. "Saya tidak sedang kajian kayaknya teman-teman monitoring sedang kajian," jelasnya.


Reporter: Satrio
Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya