KPU Torut Gelar Rakor Persiapan Pembentukan KPPS

Kamis, 07 Desember 2023 19:08 WITA

Card image

Rapat koordinasi persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Misliana Toraja Hotel, Kamis (7/12/2023). (Foto: Saldi/MCW).

Males Baca?

RANTEPAO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara (Torut) menyelenggarakan rapat koordinasi persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Misliana Toraja Hotel, Kamis (7/12/2023).

Rapat koordinasi dibuka langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) KPU Toraja Utara divisi sosialisasi,pendidikan pemilih ,partisipasi masyarakat dan Sumber Daya Masyarakat (SDM), Harsal Lahiya didampingi anggota komisioner lainya . Dihadiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitian Pemungutan Suara (PPS) Polres Toraja Utara dan Satpol PP Toraja Utara.

Para peserta PPK dan PPS mendapatkan materi dan sesi tanyajawab yang dibawakan narasumber dari Kadis Kesehatan Toraja Utara, BPJS Kesehatan Cabang Makale wilayah Enrekang,Tana Toraja, Kabag OPS Polres Torut dan Satpol PP.

Perwakilan Dinas Kesehatan Toraja Utara Elizabet R Zakaria dalam paparanya tentang tata pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dan pelaksanaan pemeriksaan para calon PPK, PPS dan KPPS tiba ditempat pemeriksaan kesehatan pada jam kerja dan hari kerja fasilitas kesehatan tersebut. 

"Pengambilan sampel darah dilaksanakan di laboratorium Faskes bersangkutan dan para calon PPK, PPS dan KPPS selanjutnya akan menerima surat keterangan," Jelasnya 

Lebih lanjut Eliszabet menjelaskan hasil penilaian kesehatan yang dilakukan oleh tim kesehatan bersifat final, serta hasil penilaian ini tidak dapat dipertentangkan dengan hasil pemeriksaan lain diluar yang dilakukan tim kesehatan Faskes bersangkutan.

Sementara itu, Kabag OPS Polres Toraja Utara Kompol Marthen Tanggalo menjelaskan aparat keamanan melakukan persiapan tahapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Kontestan taati seluruh peraturan yang telah ditetapkan sesuai dengan perundang undangan," ujarnya.

Menurut Marthen, KPU, Bawaslu dan petugas lapangan melaksanakan tugas sesuai peraturan yang telah ditetapkan Pihaknya harapkan masyarakat berpartisipasi ikut dukung pengamanan dan galakkan siskamling /siskam swakarsa (Polmas) serta tumbuhkan rasa memiliki dan ikut bertanggungjawab untuk wujudkan situasi kondusif


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya