KPU Torut Gelar Uji Publik Rancangan Penataan Dapil

Kamis, 15 Desember 2022 12:50 WITA

Card image

KPU Toraja Utara gelar Uji Publik Rancangan Penataan Dapil Anggota DPRD Kab .Toraja Utara dalam pemilihan Umum Tahun 2024 yang berlangsung ditangmetoe, Kamis (15/12/2022). (Foto: Saldi/mcw)

Males Baca?

 

RANTEPAO  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara (Torut) mengadakan uji publik rancangan penataan daerah pemilihan anggota DPRD Toraja Utara dalam pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2024.

Uji publik dibuka Ketua KPU Toraja Utara Bonnie Freedom dengan didampingi anggota Komisioner Divisi Tehnis Penyelenggara Jan Heri Pakan.

Ada pula Divisi Data Semeon, kemudian Divisi Hukum dan Pengawasan Roy serta Divisi Sosialisasi dan Parmas Anshar Tangkesalu.

Hadir dalam kegiatan di antaranya Forkopimda Toraja Utara , Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan GMKI Toraja Utara,Tokoh Agama dan Budaya.

Ketua KPU Toraja Utara Bonnie Freedom menyampaikan, dalam kegiatan ini pihaknya akan menerima masukan, saran dan kritikan dari berbagai elemen masyarakat.

"Dan untuk selanjutnya, hal itu disampaikan pada KPU di tingkat atas, dan terakhir ditetapkan oleh KPU RI," terangnya dalam kegiatan yang berlangsung di Tangmentoe, Kamis (15/12 /2022). 

Dikatakan bahwa uji publik yang diselenggarakan adalah merupakan tanggapan dan masukan bagi seluruh undangan baik dari pemerintah, masyarakat dan para tokoh yang hadir.

Pada kesempatan tersebut Komisioner KPU Toraja Utara Jan Hery Pakan menuturkan, uji publik Rancangan Dapil dan alokasi Kursi DPRD KPUD Toraja Utara memberikan 3 opsi pembagian dapil.

"Di mana para peserta diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan serta penjelasan terhadap opsi tersebut," jelasnya.

Menurutnya, 7 prinsip dasar itu semua harus memperhatikan kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistim pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah berada dalam satu wilayah yang sama, kohesivitas dan prinsip kesinambungan.

"Ada rumus yang digunakan dalam pembentukan suatu Dapil yang berkaitan langsung terhadap alokasi kursi setiap Dapil,” pungkasnya.

 

Reporter: Saldi

Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya