Lomba Vidio Pendek Partisipasi Pemilih, Trobosan Bawaslu Kota Jayapura Gandeng Siswa SMA

Minggu, 11 Juni 2023 20:41 WITA

Card image

Ketua Bawaslu Kota Jayapura Frans Rumsarwir saat memberikan hadiah kepada pemenang lomba vidio pendek Partisipatif Pemilih, Sabtu (10/6/2023). (FOTO: EDY/MCW)

Males Baca?

 

JAYAPURA - Bawaslu Kota Jayapura membuat trobosan untuk menjangkau pemilih pemula di Kota Jayapura.

Trobosan yang dilakukan dengan membuat berbagai perlombaan, semisal yang telah dilakukan adalah pembuatan vidio pendek Pengawasan Partisipatif antar SMA se- Kota Jayapura.

Sebanyak enam sekolah jenjang SMA turut dalam lomba yang dimulai sejak 19 Mei 2023 ini, yakni  SMA Negeri 1 Jayapura, SMA YPK Diaspora Kotaraja - SMA Negeri 4 Jayapura, SMA Negeri Khusus Olah Raga (Smakor) Jayapura, SMA Yapis Pembangunan V Waena dan SMA YPPK Teruna Bhakti.

Dalam vidio yang dikompetisikan, peserta diwajibkan membuat konten edukasi terkait pemilu, utamanya berkaitan dengan pemilih pemula yang menjadi sasaran sosialisasi bawaslu.

Ketua Bawaslu Kota Jayapura Frans Rumsarwir kepada MCWNEWS sesaat setelah pemberian hadiah pada para pemenang lomba vidio pendek di Abepura sore tadi.

"Kegiatan ini adalah langkah Bawaslu dalam pengawasan partisipatif, secara khusus adik-adik SMU sederajat sebagai pemilih pemula untuk sama-sama mengawal Pemilu dan sekaligus untuk turut memilih pada Pemilu 2024 mendatang," ucap Frans, Sabtu (10/6/2023).

Dikatakan juga, lomba vidio pendek yang diselenggarakan juga untuk mendukung Merdeka Belajar yang telah dicanangkan pemerintah.

"Kegiatan ini untuk kratifitas siswa sekaligus mendukung Kurikulum Merdeka. Ini tentu baik dan harapan kami mereka bisa turut mengedukasi teman-teman mereka sesama pemilih pemula, agar bagaimana mereka turut menjaga hak pilih mereka, dan juga turut menjaga agar Pemilu berlangsung baik," katanya.

Diakuinya, jumlah Pemilih Pemula pada Pemilu 2024 mendatang cukup banyak, sehingga sebagai Pemilih Pemula dituntut cerdas dan berpotensi bisa menjaga Pemilu dengan baik.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya