Manajemen PT. IPS Absen di Pertemuan Tripartit Terkait PHK Sepihak

Rabu, 14 Oktober 2020 14:40 WITA

Card image

Kuasa Hukum Rija Nurmansyah Tanjung, SH (kemeja merah) mendampingi 3 (tiga) Karyawan Korban PHK PT. IPS, Indra Syahputra, Misno, Niatin

Males Baca?


MCWNEWS.COM, ASAHAN - Terkait Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Asahan, Sumatera Utara melangsungkan sidang mediasi secara tripartit antara pihak management PT. Inti Palm Sumatra (IPS) dengan 3 (tiga) karyawan yang menjadi korban, yang dilakukan di aula Kantor Disnaker Asahan, Selasa, (13/10/2020).

Dalam acara sidang mediasi tersebut tampak hadir ketiga karyawan yang menjadi korban PHK oleh pihak PT. IPS, Indra Syahputra (28), Misno (34), Niatin (40), yang didampingi oleh kuasa hukum Rija Nurmansyah Tanjung, SH dan, juga dihadiri Kepala Seksi Penyelesaian Hubungan Industrial (Kasi PHI), Syafrizal.

Namun sangat disayangkan, tak satu pun dari pihak management PT. IPS tampak hadir untuk memenuhi panggilan dari pihak Disnaker Asahan.

Rija Nurmansyah selaku kuasa hukum ke 3 (tiga) karyawan korban PHK, mengaku kecewa atas ketidakhadiran pihak management PT. IPS.

"Panggilan Disnaker saja tak diindahkan oleh pihak perusahaan, gimana dengan nasib ketiga karyawan yang di PHK sepihak ini," ucap Rija dengan nada kesal.

Masih diseputaran lokasi persidangan, terlihat Syafrizal dihubungi oleh pihak perusahaan melalui Ka Person PT. IPS, Fahyudi Manurung, sekira pukul 11. 15 WIB.

Dalam pembicaraan yang berlangsung alot, Ka Person menyampaikan sidang mediasi tripartit dibatalkan dengan alasan belum dilaksanakannya bipartit oleh pihak perusahaan.

Kemudian, Syafrizal juga menyampaikan bahwasanya menurut Undang Undang No. 2 tahun 2004, tripartit dapat dilaksanakan sebelum dilakukannya bipartit.

"Semua itu kan berdasarkan kesepakatan bersama antara kedua belah pihak, pada intinya semuanya harus hadir dulu supaya bisa dicapai suatu kesepakatan," tandas Syafrizal.  (Edward Banjarnahor)


  • TAGS:

Komentar

Berita Lainnya