Munaslub Persatuan Jaksa Putuskan PJI Ganti Nama Menjadi Persaja

Selasa, 21 Juni 2022 11:06 WITA

Card image

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, JAKARTA - Musyawarah Nasional Luar Biasa Persatuan Jaksa Indonesia (Munaslub PJI) Tahun 2022 digelar. Ada lima pembahasan pokok menjadi agenda dalam Musnalub dengan tema “Kiprah Jaksa Untuk Negeri” ini.

Pertama yakni pengesahan tata tertib Munaslub PJI Tahun 2022; perubahan nama PJI menjadi Persaja; penetapan kepanjangan akronim Persaja; penetapan tanggal lahir Persaja; dan penetapan lambang Persaja.

Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana menerangkan, hasil sidang telah ditetapkan, bahwa PJI mengalami perubahan nama (akronim).

"PJI menjadi Persaja (Persatuan Jaksa Republik Indonesia) dengan ejaan baru, namun tetap membawa ruh yang terkandung dalam Persadja," terangnya, Selasa (21/6/2022).

Selain itu, juga ditetapkan bahwa tanggal 6 Mei sebagai hari lahir Persaja dengan latar belakang momen sejarah Kongres Pertama Persadja yang digelar pada tanggal 6 Mei 1951.

Sementara itu, lambang Persaja masih belum dapat ditetapkan dan masih berlangsung seleksi dan tahap pemilihan lambang. 

"Penetapan lambang baru akan ditetapkan paling lambat dalam waktu 3 bulan ke depan," jelasnya.

Ditambahkan, selama masa transisi perubahan lambang, lambang PJI saat ini masih akan tetap tercantum pada tampilan dalam kegiatan yang berkaitan dengan PJI, bendera PJI, dan pin di Pakaian Dinas Harian (PDH) yang dikenakan oleh Jaksa. 

"Kegiatan Munaslub berlangsung dinamis dengan diskusi yang berlangsung secara virtual antara pengurus pusat PJI dengan para penasihat yaitu para Jaksa Agung Muda dan dengan pengurus-pengurus PJI daerah di seluruh Indonesia," kata Ketut Sumedana. (ag)


Komentar

Berita Lainnya