Petrus Kasihiw Ajak Warga Manfaatkan Tanah Kosong untuk Bertanam

Sabtu, 03 Desember 2022 04:31 WITA

Card image

Tampak Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw memakai caping, mengoperasikan traktor untuk mempersiapkan lahan menanam keladi di lahan kosong kediamannya, Sabtu, (3/12/2022). (Foto: Haiser/mcw)

Males Baca?


BINTUNI - Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw memotivasi para petani dan juga warga masyarakat agar memanfaatkan lahan atau tanah kosong untuk bertanam-tanaman yang bermanfaat. 

Menurut Bupati, jika lahan kosong ditata dengan baik akan menjadikan lingkungan asri, menarik, nyaman, sehat serta menyenangkan.

"Di mana hal itu akan membuat kita lebih betah berlama-lama di rumah," ujar alumni Universitas Negeri Papua angkatan 1985 dan juga sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Negeri Papua (Unipa) ini, Sabtu (3/12/2022).

Dirinya mengatakan, dengan menanam tanaman yang berproduktif, tanaman pekarangan juga dapat memberikan kesehatan yang memenuhi kepuasan jasmaniah dan rohaniah.

Ditambahkan, pemanfaatan lahan kosong dengan tanaman produktif seperti tanaman holtikultura (tanaman buah-buahan, sayur-sayuran, dan tanaman hias), obat-obatan, rempah-rempah dan lainnya juga akan memberikan keuntungan yang bersifat ganda.

Baik dari segi keamanan pangan (aman dari zat pencemar), menopang ekonomi keluarga maupun keuntungan dari segi estetika (keindahan lingkungan).

"Jadi mari kita berkebun perkuat pangan lokal," tutur Bupati sambil tersenyum di sela kegiatannya mempersiapkan lahan.

Dengan menggunakan caping dan kaos kutang layaknya seorang petani, Bupati bersama dengan pekerja yang tinggal di kediamannya di Kampung Bumi Saniari SP 3, Distrik Manimeri mempersiapkan lahan untuk menanam keladi.

(Haiser Situmorang)


Komentar

Berita Lainnya