Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar: Menyongsong Masa Depan Pelayaran yang Unggul

Rabu, 31 Januari 2024 23:26 WITA

Card image

Direktur PIP Makassar, Capt. Rudy Susanto, M.Pd

Males Baca?

MAKASSAR - Menjadi institusi pelayaran tertua di Indonesia dengan pengalaman selama 102 tahun, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar menjadi tonggak utama dalam upaya mencetak pelaut-pelaut terbaik. 

PIP Makassar, yang kini berada di bawah pengelolaan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, muncul sebagai penerus Sekolah Pelayaran Dasar atau Merchant Marine Rating School, Quipperian, yang telah berdiri sejak tahun 1921.

Dengan ertransformasi menjadi Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar pada tahun 1999, PIP Makassar yang saat ini berada di bawah kepimpinan Capt. Rudy Susanto, M.Pd selaku Direktur PIP Makassar, tidak hanya menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan maritim, tetapi juga menjadi garda terdepan dalam mencetak generasi pelaut handal. 

Sebagai lembaga yang berada di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan, PIP Makassar memegang teguh misi untuk melahirkan pelaut yang mampu mengarungi seluruh belahan samudra, menguasai teknologi, dan bersaing dengan kehandalan para pelaut internasional.

Tak hanya itu, banyak kejuaraan yang telah diraih oleh PIP. Salah satunya pada kompetisi yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Access, Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM), PIP Makassar memenangkan empat penghargaan prestisius.

Prestasi ini mencakup Juara 1 pada kategori News Casting Competition dan Spelling Bee Competition, serta meraih Juara 3 pada kategori News Casting Competition dan Debate Competition. 

Keberhasilan ini tidak hanya menegaskan reputasi keunggulan akademis PIP Makassar, melainkan juga menyoroti dedikasi dan keterampilan luar biasa mahasiswanya dalam menghadapi kompetisi bahasa Inggris tingkat tinggi.

Pencapaian yang gemilang ini mencerminkan semangat kompetitif dan kemampuan berprestasi yang menjadi bagian integral dari pendidikan di PIP Makassar. 

Prestasi ini juga menjadi bukti nyata bahwa PIP Makassar tidak hanya fokus pada bidang teknis maritim, tetapi juga memberikan perhatian serius pada pengembangan kemampuan berbahasa mahasiswanya.

Keberlanjutan visi ini memotivasi PIP Makassar untuk terus berupaya maksimal dalam meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten tetapi juga berkualitas internasional. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya