Politisi Nasdem Sebut Rp85 M Terbuang Percuma Beli Pesawat Pemkab Mimika

Senin, 08 Agustus 2022 22:30 WITA

Card image

Politisi Partai Nasdem di Mimika, Aser Gobay,

Males Baca?


MCWNEWS.COM, JAKARTA  - Pesawat dan helikopter milik Pemkab Mimika yang dibeli Rp85 miliar dinilai hanya menghabiskan anggaran secara percuma tanpa memberi manfaat apapun bagi masyarakat setempat.

Politisi Partai Nasdem di Mimika, Aser Gobay, mengatakan alat transportasi udara yang dibeli sejak 2015 ini semula sangat diharapkan dapat melayani masyarakat di wilayah sulit terjangkau.

"Aset Pemda Mimika ini sudah lama, kami hanya ingin pesawat ini betul-betul melayani masyarakat. Kami dari Partai Nasdem memandang perlu untuk memberikan perhatian serius," kata Aser, Senin (8/8/2022).

Aser mengaku mendapat keluhan dari masyarakat di wilayah pedalaman terpencil, yang ternyata hingga kini masih menggunakan jasa pesawat komersil.

Baca juga:
KPK Kantongi Jejak Pelarian Bupati Mamberamo Tengah

"Semua orang tahu bahwa pesawat ini Pemda Mimika punya dan dibeli untuk masyarakat. Nyatanya tidak seperti itu," ujar dia.

Ironisnya lagi, sebut Aser, belum lama ini Dinas Kesehatan Mimika harus menyewa helikopter milik swasta untuk program Puskesmas Keliling Udara. Heli tersebut bahkan mengalami kecelakaan baru-baru ini saat tengah melakukan pelayanan.

"Jelas ini buang-buang anggaran saja, lalu aset Pemda seperti helikopter kemana sampai harus sewa heli swasta. Ini kan sama sekali tidak ada pelayanan apa pun," kata dia.

Baca juga:
KPK Sita Apartemen Diduga Hasil Korupsi Bupati Mamberamo Tengah

Karenanya, dia minta Pemkab Mimika melalui Dinas Perhubungan dan PT. Asian One Air selaku operator pengelola, lebih terbuka untuk menyampaikan masalah pengelolaan dan kemanfaatan aset tersebut.

"Harus jelas pengelolaannya seperti apa. Bagaimana kesepakatan kedua pihak saat awal itu. Jangan saling lempar. Kalau tidak terbuka, maka rakyat akan curiga kemana-mana. Bisa saja rakyat akan curiga bahwa pesawat ini untuk kepentingan pribadi dan lain-lain," kata Aser.


Halaman :
  • TAGS:

Komentar

Berita Lainnya