Seleksi PTN 2023 Diluncurkan, Ada 3 Jalur Penerimaan untuk Mahasiswa Baru

Jumat, 02 Desember 2022 01:29 WITA

Card image

Rektorat Universitas Udayana. (Foto: dok. Unud)

Males Baca?


JAKARTA - Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan seleksi masuk mahasiswa baru perguruan tinggi tahun 2023.

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang penerimaan mahasiswa baru program diploma dan program sarjana pada perguruan tinggi negeri, terdapat 3 jalur masuk.

"Yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP); jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT); dan jalur Seleksi Mandiri," terang Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Mochamad Ashari, Jumat (2/12/2022).

SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Tim SNPMB, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing.

Jalur SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik. Peserta SNBP adalah siswa kelas 12 yang akan lulus pada tahun 2023 dan tidak dikenai biaya untuk keikutsertaan dalam SNBP. Kuota minimum jalur SNBP masing-masing PTN adalah 20 persen. 

Bagi siswa yang layak mendaftar SNBP, nilai rapor akan diinput melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Selanjutnya, siswa yang telah lulus SNBP 2023.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya


Bendesa Berawa Segera Disidangkan