TPNPB OPM Umumkan Lima Anggotanya Tewas Diantaranya Berpangkat Letnan Kolonel

Senin, 02 Oktober 2023 13:49 WITA

Card image

Salah satu anggota KKB yang tewas dalam operasi penegakan hukum Satgas Damai Cartenz di Kabupaten Pegunungan Bintang. (Foto: Ist/Sebby Sambom)

Males Baca?

TIMIKA - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) oleh aparat disebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) mengumumkan lima anggotanya terbunuh di wilayah Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang. 

Sayap militer pendukung Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu menyatakan duka nasional atas tewasnya lima serdadu mereka yang diklaim "gugur di medan tempur".

"Pada hari ini Senin 2 October 2023 secara resmi kami umumkan duka nasional, atas 5 anggota TPNPB yang gugur di medan perang," kata Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom dalam keterangan tertulis, Senin (2/10/2023).

Sebby merinci kelima anggota TPNPB yang tewas yakni Otobius Mimin berpangkat Letnan Kolonel dan menjabat Komandan Batalion I Pamerasta Kodap 35 Bintang Timur.

Kemudian, Neas Ati Mimin menjabat Wakil Komandan Intelijen Kodap 35 Bintang Timur, serta tiga anggota lainnya yaitu Otto Kasipka, Alex Lepki, dan Tarkus Akmer.

Menurut Sebby, kelima anggota TPNPB itu terbunuh dalam kondisi mengenaskan. Selain tertembak, kata dia, tubuh mereka sudah dimutilasi.

"5 anggota TPNPB yang gugur ini telah dimutilasi seperti binatang, oleh karena itu TNI Polri tidak umumkan photo dan video anggota kami yang mereka tembak mati," katanya.

Sebby jelaskan, awalnya pasukan TPNPB beristirahat di sebuah rumah di kampung Modusit, Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang. 

Rumah itu kemudian dikepung dan disergap oleh pasukan gabungan TNI/Polri hingga mengakibatkan lima anggota TPNPB tewas. Aparat keamanan juga berhasil menguasai 3 pucuk senjata api milik TPNPB.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya